Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Alokasi Volume Pembelian Bahan Penunjang (Consumable) Berdasarkan Hasil Supplier (Studi Kasus di PT. Surya Zig Zag Kediri)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Alokasi Volume Pembelian Bahan Penunjang (Consumable) Berdasarkan Hasil Supplier (Studi Kasus di PT. Surya Zig Zag Kediri)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Dwi Yulianto
Subject(s) MCDM
OPERATION RESEARCH
Classification 005
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Salah satu permasalahan yang sering muncul dalam hubungannya dengan supplier adalah mengenai seleksi dan evaluasi supplier. Seleksi supplier ini memutuskan supplier mana yang seharusnya dijadikan pemasok dan menentukan banyaknya volume pembelian yang harus dialokasikan diantara supplier yang terpilih tersebut. Hal ini disebabkan pada kenyataannya, banyak kriteria yang harus dipertimbangkan dalam proses membuat keputusan tersebut (Lee, 2000). Keadaan ini juga dialami oleh PT Surya Zig Zag. PT Surya Zig Zag belum mendasarkan alokasi volume pembeliannya pada hasil evaluasi supplier untuk memastikan kelangsungan dan konsistensi mutu barang yang dibeli. Pada Penelitian ini dilakukan evaluasi supplier dan pengalokasian volume pembelian berdasarkan hasil evaluasi supplier. Pada tahap evaluasi supplier digunakan metode Fuzzy dan pengalokasian volume pembelian menggunakan linear programming. Prosedur ini dimulai dengan identifikasi kriteria performansi sesuai dengan model pengukuran performansi yang terpilih, kemudian penentuan kriteria performansi melalui brainstorming dengan pihak perusahaan terkait. Sebelum itu dilakukan pemilihan bahan baku mana yang akan dilakukan evaluasi. Kemudian dilakukan penilaian performansi supplier terhadap kriteria yang telah ditentukan dengan memberikan bobot nilai. Sehingga dapat dilakukan pengukuran performansi supplier. Hasilnya akan dapat diketahui rangking performansi supplier. Rangking supplier ini akan digunakan untuk menentukan volume pembelian pada tiap – tiap supplier.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengaloaksian volume pembelian bahan baku di tiap – tiap supplier berdasarkan hasil evaluasi supplier menjamin keberlangsungan hubungan dengan pihak supplier dan mampu mengakomodasi batasan – batasan dalam pengalokasian pembelian.. Keyword : evaluasi supplier, Logika Fuzzy, alokasi volume pembelian, linear programming.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST., MT;Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous