Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penilaian Kinerja Lingkungan Paper Mill (PM)I PT. Adiprima Suraprinta dengan Integrated Environment Performance Measurement Systems (IEPMS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penilaian Kinerja Lingkungan Paper Mill (PM)I PT. Adiprima Suraprinta dengan Integrated Environment Performance Measurement Systems (IEPMS)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Bunga Puspita Sari
Subject(s) Environmental Performance Evoluation
Classification 658.408
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian ini berkaitan dengan penilaian kinerja lingkungan pada PT. Adiprima Suraprinta, sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri kertas. Dalam rangka untuk memperbaiki kualitas lingkungan, penilaian kinerja lingkungan ini perlu dilaksanakan oleh seluruh perusahaan. Penilaian kinerja lingkungan ini menggunakan model “Plan-Do-Check-Act”. Penilaian ini menggunakan metode IEPMS (Integrated Environmental Performance Measurement System) yang mempunyai dua ukuran, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Kemudian pembobotan terhadap EPIs (Environmental Performance Indicators) dilakukan dengan menggunakan metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dan ANP (Analytic Network Process). Setelah dilakukan pembobotan maka dilakukan penilaian dengan scoring method menggunakan metode Objective Matrix (OMAX). Kemudian analisa EPIs dapat dilihat dari metode traffic light system. Berdasarkan analisa traffic light system menunjukkan bahwa kinerja lingkungan PT. Adiprima Suraprinta mempunyai nilai sebesar 8,072 yang berarti berada pada warna hijau. Dalam rangka untuk memperbaiki kinerja lingkungan maka indikator yang mempunyai warna merah seharusnya dipertimbangkan untuk dilakukan perbaikannya. Kata Kunci : AHP, ANP, IEPMS, model PDCA, penilaian kinerja lingkungan, scoring method
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc;Nani Kurniati, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous