Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi dan Perancangan Sistem Penunjang Keputusan pada Proses Perencanaan Produksi (Studi Kasus : PT. Cocal Cola Bottling Indonesia Plant Pandaan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi dan Perancangan Sistem Penunjang Keputusan pada Proses Perencanaan Produksi (Studi Kasus : PT. Cocal Cola Bottling Indonesia Plant Pandaan)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Yudha Andrian Saputra
Subject(s) Decision System Support
PRODUCTION PLANNING
Classification 658.503 8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perencanaan Produksi telah memainkan peranan penting dalam proses bisnis, khususnya pada perusahaan yang bertipe Make To Stock, karena Perencanaan Produksi adalah titik awal dari proses produksi berikutnya. Semakin akurat suatu perencanaan, makin mudah bagi seorang planner dalam melakukan kontrol, makin rendah biaya, dan makin mudah bagi pihak manajeman untuk menetapkan strategi guna memenangkan kompetisi. Di Coca Cola Bottling Indonesia Pandaan berdasarkan hasil evaluasi pada tahun 2003, Proses Perencanaan Produksi menunjukkan hasil yang mengecewakan. Rata Rata Inventory per minggu menunjukkan nilai 250.000 – 300.000 krat, keakurasian proses peramalan 45% - 68%, dan tingginya nilai biaya inventory. Berdasarkan kondisi awal ini, maka diperlukan suatu usaha untuk menemukan penyebab permasalahan yang terjadi dengan melakukan evaluasi terhadap proses perencanaan produksi. Setelah itu, penelitian ini mencoba melakukan rancangan perbaikan dan implementasinya. Rancangan perbaikan terdiri dari : perbaikan peramalan - Classical decomposition, penentuan inventory - Periodic Review Model, dan evaluasi keputusan produksi. Penelitian ini kemudian mencoba mengimplementasikan hasil rancangan perbaikan dalalam bentuk Sistem Penunjang Keputusan, karena masalah yang lain yang ada di CCBI adalah tingginya intuisi dan judgement yang sangat berpengaruh terhadap perubahan perencanaan. SPK akan dibuat dalam bentuk software. Hasil dari rancangan perbaikan dan SPK untuk kemungkinan diaplikasikan di bulan Januari 2004 akan menghasilkan peningkatan keakurasian sebesar 52%, dengan menggunakan parameter model peramalan yang sama, maka model inventory perbaikan akan menurunkan level inventory 9,45%, dan evaluasi kelayakan produksi mengurangi total biaya Secara Total Cost, tanpa memperhatikan perbaikan hasil akurasi peramalan, akan terjadi reduksi cost Rp 77.146.424,00 untuk Januari 2004 Kata Kunci : Perencanaan Produksi, Akurasi, Inventory, biaya, peramalan, Sistem Penunjang Keputusan, Keputusan Produksi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. I. Ketut Gunarta, MT.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous