Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Dampak Program Proyek Penanggulan Kemiskinan di Perkotaan terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus : Badan Keswadayaan Masyarakat Hidayah Airlangga, Kecamatan Gubeng)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Dampak Program Proyek Penanggulan Kemiskinan di Perkotaan terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus : Badan Keswadayaan Masyarakat Hidayah Airlangga, Kecamatan Gubeng)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Heny Eka Mardiyanti
Subject(s) Multivariate Statistic
Classification 519.535
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dampak krisis yang dialami bangsa Indonesia sejak tahun 1997 terus bertambah dan mengakibatkan perubahan paradigma ekonomi menuju pembangunan ekonomi yang berorientasi pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu sejak Nopember 1999 sampai Nopember 2001 dilaksanakan Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) Tahap I. Sebagai bahan evalusi hasil realisasi proyek, maka dilakukan penelitian yang mampu memberikan gambaran mengenai ada tidaknya pengaruh dan bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan pada kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini juga bertujuan untuk membuat acuan pengelompokan usaha yang dijalankan masyarakat penerima bantuan untuk memudahkan proses monitoring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: uji Non-Parametrik dengan metode wilcoxon sign rank, wawancara dan penyebaran kuesioner, dan analisa diskriminan. Uji wilcoxon sign rank dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan indikator kesejahteraan sebelum dan setelah berjalannya program. Indikator kesejahteraan yang digunakan adalah modal kerja, hasil usaha, dan pengeluaran keluarga. Wawancara dan penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan program. Analisa diskriminan dilakukan untuk membentuk kombinasi linier dari variabel-variabel pembeda yang bisa digunakan sebagai acuan pengelompokan usaha kecil KSM. Hasil yang diperoleh dari uji wilcoxon sign rank menunjukkan adanya perbedaan besar modal kerja dan pengeluaran keluarga saat sebelum dan setelah berjalannya program. Kesimpulan ini bisa dilihat dari nilai probabilitas kedua indikator yaitu 0.00 yang lebih kecil dari 0.05. Perbedaan tidak terjadi pada penghasilan usaha dengan nilai probabilitas hasil uji 0.142. Berdasarkan hasil kuesioner dan wawancara, dapat diketahui bahwa program memberikan dampak positif. Terdapat 63 anggota KSM yang mengalami peningkatan usaha dari 109 anggota KSM. Analisa diskriminan tidak bisa digunakan untuk menghasilkan fungsi diskriminan karena data tidak memenuhi asumsi diskriminan. Kata kunci : P2KP, analisa dampak, uji wilcoxon sign rank, analisa diskriminan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. I. Ketut Gunarta, MT.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous