Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaiakan Kualitas dengan Menurunkan Prosentasi Deffect Menggunakan Siklus DMAIC dari Six Sigma (Studi Kasus di PT. Platinum Ceramics Industry)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaiakan Kualitas dengan Menurunkan Prosentasi Deffect Menggunakan Siklus DMAIC dari Six Sigma (Studi Kasus di PT. Platinum Ceramics Industry)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Devie Kumalasari
Subject(s) Quality Management
Classification 658.52
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Ditengah kompetisi bisnis dalam pasar global yang semakin ketat, kualitas merefleksikan kemampuan sebuah perusahaan untuk bertahan hidup. PT Platinum Ceramics Industry ini adalah salah satu perusahaan yang menghasilkan produk berupa keramik, dimana kualitas permukaan yang baik atau zero defect adalah sangat diharapkan oleh konsumen. Akan tetapi, masih saja terdapat penyimpangan mutu dari produk jadi yang diindikasikan adanya keramik dengan kualitas 1 (KW A), kualitas 2 (KW B), dan kualitas 3 (KW C) yang dijual dipasaran. Penlitian ini lebih difokuskan pada keramik dengan motif Murano ukuran 30x30 cm yang diproduksi oleh PK 1. Berdasarkan pada data produksi harian selam bulan Maret dan April 2004, rata-rata hasil produksi untuk KW A adalah sebesar 90%, KW B sebesar 7% dan KW C sebesar 3%. Hal ini dapat terjadi karena adanya proses yang tidak/kurang mampu memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan, sehingga output yang dihasilkan tidak konsisten dan memiliki tingkat variabilitas yang cukup tinggi. Untuk itu dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah bagaimana menurunkan prosentase defect dengan menggunakan siklus DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve dan Control) dari Six Sigma. Hasil dari penelitian ini diperoleh perbaikan pada proses Aplikasi yang kemudian dibuat prosedur kerja baru sehingga penyebab timbulnya cacat dapat segera dihilangkan dan dimasa yang akan datang cacat yang serupa tidak terjadi lagi. Kata Kunci : Six Sigma, Siklus DMAIC, Defect, DPMO, Kapabilitas Sigma, FMEA (Failure Mode and Effect Analysis)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokhamad Suef, MSc(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous