Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pendekatan MCDM (Multi Criteria Decision Making)-Electre III untuk Penetapan Prioritas Investasi Peralatan Produksi Industri Kecil Menengah (IKM) Alas Kaki (Studi Kasus Sentra Industri Kecil Menengah Alas Kaki di Kabupaten Sidoarjo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pendekatan MCDM (Multi Criteria Decision Making)-Electre III untuk Penetapan Prioritas Investasi Peralatan Produksi Industri Kecil Menengah (IKM) Alas Kaki (Studi Kasus Sentra Industri Kecil Menengah Alas Kaki di Kabupaten Sidoarjo)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ata Khilafia
Subject(s) Multi Criteria Decision Making (MCDM)
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Proses pengambilan keputusan dengan kriteria/obyektif majemuk yang bersifat saling konfliktual dan memiliki ukuran yang tidak bisa saling diperbandingkan sering kali melibatkan preferensi beberapa pihak, sehingga yang bisa dilakukan adalah menghasilkan keputusan yang memuaskan. Hal ini merupakan ciri utama permasalahan pengambilan keputusan yang bersifat multi kriteria. Dalam penelitian ini, dilakukan studi aplikasi metode MultiCriteria Decision Making (MCDM) dengan pendekatan ELECTRE (Elimination et Choix tradusaint la Realite) III untuk pemilihan alternatif peralatan produksi untuk industri kecil alas kaki di desa Mojosantren, Krian. Tujuan penelitian ini adalah menentukan prioritas peralatan produksi kritis industri kecil alas kaki untuk meningkatkan kapabilitas teknologi dan pembuatan kelompok kerja bersama sebagai upaya pemenuhan kebutuhan peralatan produksi kritis tersebut. Sedangkan untuk pembobotan kriterianya, digunakan pendekatan entropy. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa peralatan produksi kritis adalah mesin press outsole (compressor), jahit single needle (jarum tunggal), press insole (compressor), gerinda, cutting manual, seset / skiving, oven kompor. Peralatan produksi yang diterapkan di desa Mojosantren adalah mesin press outsole, seset dan cutting manual. Berdasarkan perhitungan kapasitas produksi maka pengadaan mesin press outsole sejumlah 3 buah, mesin seset sejumlah 1 buah dan cutting manual sejumlah 2 buah. Kata kunci : Multi Kriteria, entropy, ELECTRE III, Industri Kecil Alas Kaki
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc;Naning Aranti W, ST., MM
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous