Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Permodelan Dinamis untuk Pengembangan Sektor Pariwisata di Jawa Timur (Studi Kasus pada Dinas Pariwisata Jawa Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Permodelan Dinamis untuk Pengembangan Sektor Pariwisata di Jawa Timur (Studi Kasus pada Dinas Pariwisata Jawa Timur)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Eko Handoko Pratilo
Subject(s) DYNAMICS SYSTEMS
Classification 658.403 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Iklim kepariwisataan nasional awal abad 21 masih terpengaruh oleh terjadinya kondisi krisis yang terjadi pada pertengahan tahun 1997, namun sejak tahun 1999 hingga tahun 2001 telah menunjukkan indikasi pertumbuhan yang cukup baik dengan rata-rata kenaikan 5,3 % pertahun. Kenaikan pada kurun waktu tiga tahun sebelumnya tidak berlanjut, karena kasus bom Bali (Bali Blast) bulan oktober 2002 sangat berpengaruh negatif pada minat kunjungan wisatawan mancanegara secara nasional mengalami penurunan sebesar 2,34 % dan target nasional untuk mencapai kondisi normal yang pernah dicapai pada tahun 1996 mengalami hambatan. Berdasarkan data-data tersebut peneliti mencoba mencari hubungan kausatif antar variabel yang berpengaruh dan dapat meningkatkan sektor pariwisata di Jawa Timur dan sampai sejauh mana pengaruhnya dengan menggunakan pendekatan sistem dinamik dengan melakukan penskenarioan pada beberapa variabel dengan menggunakan batuan software Vensim, yang nantinya diharapkan akan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Dinas Pariwisata dalam menyusun kebijakan-kebijakan untuk kedepannya. Variabel-variabel yang menjadi acuan untuk menjalankan skenario adalah tingkat resiko politik, bencana alam, tingkat occupancy dan jumlah ODTW. Kata kunci : Sistem Dinamik, hubungan kausatif, Vensim.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. I. Ketut Gunarta, MT.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous