Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemanfaatan Pendekatan Six Sigma untuk Mereduksi Cacat dan Meningkatkan Kualitas Produksi Lampu Tipe C 7 1/2 (Studi Kasus : PT. Sinar Angkasa Rungkut, SIER-Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemanfaatan Pendekatan Six Sigma untuk Mereduksi Cacat dan Meningkatkan Kualitas Produksi Lampu Tipe C 7 1/2 (Studi Kasus : PT. Sinar Angkasa Rungkut, SIER-Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Bagus Wibisono
Subject(s) CTQ
DPMO
FMEA
Service Quality
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Meningkatnya persaingan antara produsen lampu di Indonesia menyebabkan PT.Sinar Angkasa Rungkut mencoba untuk selalu berusaha memberikan kepuasan yang terbaik bagi pelanggannya dengan melakukan perbaikan yang terus menerus dengan tujuan pengurangan jumlah cacat. Usaha tersebut dilakukan pada unit XII sebagai unit yang memproduksi lampu tipe C71/2. Timbulnya cacat yang dikategorikan sebagai Critical to Quality (CTQ) disebabkan oleh 4 faktor yaitu manusia, mesin, material dan metode. Keempat factor tersebut dapat diduga sebagai potential cause. Dengan menggunakan 7tools dan brainstorming dengan pihak manajemen dapat diketahui proses yang menghasilkan cacat terbesar. Sebagai tindak lanjut dari informasi tersebut digunakan FMEA untuk menentukan factor kritis penyebab terjadinya cacat. Untuk mengatasi penyebab kritis tersebut maka dibangun alternative solusi. Dari solusi tersebut terpilih 3 solusi yaitu memberikan bantalan di tempat unloading seal, inspeksi material diperketat sebelum proses sealing, memperketat inspeksi output proses mounting. Sehingga dengan penerapan solusi yang terpilih dapat mereduksi jumlah prosesntase cacat secara bertahap dari 2.17% menjadi 1.19%. Dengan demikian nilai sigma akan naik ari 4 menjadi 4.1 dan nilai DPMO mengalami penurunan dari 6124 menjadi 5322. Kata kunci : FMEA, CTQ, Sigma, DPMO
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous