Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengurangan Durasi Waktu Pengerjaan Second Deck Kapal Tanker dengan Menggunakan Model Sistem Dinamis (Studi Kasus di PT. PAL Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengurangan Durasi Waktu Pengerjaan Second Deck Kapal Tanker dengan Menggunakan Model Sistem Dinamis (Studi Kasus di PT. PAL Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Hanindya F.D
Subject(s) DYNAMICS SYSTEMS
Classification 658.403 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam proyek pembuatan sebuah kapal tanker, terdapat berbagai macam bagian kapal yang harus dibuat. Masing-masing bagian kapal atau aktivitas tersebut dibuat sesuai dengan jadwal dan urutan pembuatannya. Jika terjadi keterlambatan penyelesaian pada salah satu aktivitas pembuatan kapal, akan mengakibatkan keterlambatan pada keseluruhan jadwal produksi.Agar hal tersebut tidak sampai berpengaruh pada jadwal akhir produksi, maka perlu dilakukan pengurangan durasi pada suksessor aktivitas yang terlambat tersebut. Pengurangan durasi ini dapat dilakukan dengan dua jenis skenario beserta kombinasinya. Skenario yang pertama adalah penambahan sumber daya (subkontrak) dan yang kedua adalah dengan pemberlakuan overtime.Dalam penelitian ini pekerjaan yang akan dikurangi durasinya adalah pekerjaan pembuatan second deck kapal tanker. Dengan menggunakan metode sistem dinamis dapat diketahui logika berpikir dalam pengurangan durasi. Kelebihan metode ini yaitu dapat memunculkan lebih dari satu macam solusi. Dalam metode sistem dinamis nantinya akan digunakan software ventana simulation yang akan membantu pengambil keputusan menyelesaikan permasalahan di atas dengan cepat. Untuk melakukan pengurangan durasi, perlu diketahui skenario terbaik berdasarkan total biaya yang dikeluarkan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jika durasi dikurangi sebanyak 14 hari, dari durasi awal sebesar 85 hari menjadi 71 hari, skenario terbaik yang dapat dilakukan adalah penggunaan tenaga kerja sebanyak 215 orang, penggunaan overtime sebanyak 103.5 jam dengan 164 orang tenaga kerja serta penggunaan tenaga subkontrak sebanyak 35 orang. Upah total yang dikeluarkan sebesar Rp 88.770.000. Kata kunci : permodelan dinamis, pengurangan durasi, total upah
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. I. Ketut Gunarta, MT.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous