Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Ulang Fasilitas Kerja (Tangga) Berdasarkan Evaluasi Ergonomis untuk Mengurangi Kelelahan dan Kecelakaan Kerja (Studi Kasus : SBU Merpati Maintenance Facility Juanda Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Ulang Fasilitas Kerja (Tangga) Berdasarkan Evaluasi Ergonomis untuk Mengurangi Kelelahan dan Kecelakaan Kerja (Studi Kasus : SBU Merpati Maintenance Facility Juanda Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Tutuk Azmaa Zuchroh
Subject(s) PRODUCTION PLANNING
Classification 658.503 8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Merpati Maintenance Facility ( MMF ) merupakan pusat perawatan pesawat terbang milik PT. Merpati Nusantara Airlines. Dalam proses perawatan pesawat terbang operator menggunakan fasilitas kerja tangga. Permasalahan yang terjadi adalah penggunaan fasilitas kerja tangga yang lebih dari 10 jenis tangga dalam merawat satu buah pesawat dan kondisi tangga tidak memadai untuk digunakan. Sehingga sering terjadi kecelakaan kerja pada operator dan muncul keluhan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu akibat desain tangga yang tidak ergonomis. Dalam penelitian ini dicari solusi untuk masalah yang muncul, dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada operator, pengukuran dimensi tangga lama dan dimensi ketinggian pesawat, dll. Kemudian dianalisa menggunakan software AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk menentukan tingkat kepentingan antar kriteria dan software SAP 2000 (Structure Analysis Program) untuk menentukan gaya yang diterima oleh struktur akibat adanya gaya luar. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan ulang fasilitas kerja tangga ergonomis agar dapat mengurangi kecelakaan kerja dan kelelahan kerja. Kata kunci: keselamatan kerja, ergonomi, redesain
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc;Arief Rahman, ST.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous