Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penetapan Jumlah Manpower untuk Optimalisasi Alokasi Beban Kerja pada Sistem Spesialisasi dan Analisa Produktivitas (Studi Kasus : Elektrik & Battery Shop, SBU Merpati Maintenance Facility)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penetapan Jumlah Manpower untuk Optimalisasi Alokasi Beban Kerja pada Sistem Spesialisasi dan Analisa Produktivitas (Studi Kasus : Elektrik & Battery Shop, SBU Merpati Maintenance Facility)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Yuanita Farida Anggraini
Subject(s) Productivity Analysis
QUALITY CONTROL
Classification 658.52
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info SBU Merpati Mantainace Facility (SBU MMF), salah satu divisi dari PT Merpati Nusantara Airlines (MNA), merupakan pusat perawatan dan perbaikan pesawat terbang. Dalam melakukan perawatan dan perbaikan pesawat terbang yang memiliki ribuan jenis part ini SBU MMF mamanfaatkan manusia sebagai komponen utamanya. Selama ini sistem spesialisasi kerja diterapkan karena banyaknya jenis part yang harus ditangani, sedangkan capability yang dimiliki masing-masing manpower (pekerja) terbatas. Adanya spesialisasi kerja serta kondisi kedatangan part yang tidak beraturan menyulitkan pihak perusahaan dalam menentukan jumlah manpower yang dibutuhkan. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dilakukan analisa jumlah manpower terhadap beban kerja untuk mendapatkan komposisi yang optimal. Metode yang digunakan adalah pengukuran kerja secara langsung, kemudian dilakukan simulasi terhadap sistem untuk mengetahui kondisi sistem saat ini serta membuat rancangan skenario perbaikan yang lebih baik. Simulasi sistem dilakukan dengan bantuan software ARENA. Hasil dari running simulasi menunjukkan bahwa jumlah manpower saat ini telah optimal. Apabila ingin meningkatkan produktivitas kerja menjadi lebih baik, yang perlu dilakukan adalah melakukan perluasan capability. Perluasan capability akan menghasilkan kenaikan rata-rata utilitas manpower sebesar 3.36% dan kenaikan rata-rata produktivitas kerja unit sebesar 1.7%. Kata kunci : spesialisasi, beban kerja, produktivitas, simulasi.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc;Arief Rahman, ST.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous