Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Applikasi Business Process Improvement Untuk Perbaikan Proses Produksi dengan Kriteria Time Based Performance (Studi Kasus di PT. PAL Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Applikasi Business Process Improvement Untuk Perbaikan Proses Produksi dengan Kriteria Time Based Performance (Studi Kasus di PT. PAL Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Gede Eka Darmaya
Subject(s) Business Process Improvement
Classification 658.57
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Ketatnya persaingan saat ini, membuat perusahaan harus bekerja keras agar dapat bertahan (survive) di pasaran. Untuk itu diperlukan sebuah perbaikan yang diharapkan dapat memperbaiki performansi perusahaan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan (customer). Di tengah persaingan yang ketat itu, tuntutan pelanggan akan produk dengan sendirinya akan meningkat, dimana customer akan menginginkan produk dengan kualitas tinggi, harga yang rendah serta lead time yang pendek. Sebagai tantangan untuk memuaskan kebutuhan konsumen, maka perlu diambil langkah-langkah perbaikan. Perbaikan yang dapat dilakukan adalah perbaikan proses produksi sehingga dihasilkan produk dengan lead time yang pendek. Dengan lead time yang pendek, maka proses penyelesaian produk bertambah cepat sehingga akan dapat memenuhi tuntutan pelanggan. Perbaikan seperti ini merupakan perbaikan yang bersifat time based performance yang meliputi makespan dan mean flow time. Salah satu metode perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan metode business proses improvement yang dapat memberikan skala perbaikan yang besar. Metode ini didahului dengan memahami existing process dari proses yang ada serta mengukur performansinya kemudian dilakukan perbaikan-perbaikan terhadap existing proses dengan prinsip-prinsip streamlining dari metode business process improvement. Setelah melakukan perbaikan terhadap proses-proses bisnis yang ada saat ini, maka dilakukan simulasi untuk mengetahui performansi proses bisnis setelah dilakukan perbaikan. Dari simulasi proses perbaikan yang dilakukan terhadap sistem lama didapatkan rata-rata pengurangan makespan sebesar 60.45 hari dan rata-rata pengurangan mean flow time sebesar 20.40 hari. Kata kunci: time based performance, mean flow time, makespan, existing process, business process improvement, streamlining
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. I. Ketut Gunarta, MT.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous