Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Pemilihan Teknologi (Mesin) pada Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan pendekatan Fuzzy Analitical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di CV. Santuno, Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Pemilihan Teknologi (Mesin) pada Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan pendekatan Fuzzy Analitical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di CV. Santuno, Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Andri Heru Pramono
Subject(s) Multi Criteria Decision Making (MCDM)
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info UKM merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia, keberadaan dan peran serta UKM dalam kondisi perekonomian Indonesia saat ini sangat penting karena UKM mampu menyerap tenaga kerja dan mampu mengoptimalkan penggunaan sumber daya nasional. Dengan perkembangan teknologi yang makin pesat, UKM perlu sekali memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan produktivitasnya, sehingga penggunaan teknologi yang sesuai dengan kondisi UKM menjadi suatu permasalahan yang penting. Teknologi yang digunakan harus memenuhi beberapa kriteria, misal : faktor kelayakan ekonomis, sosial, teknis dan lingkungan. Pemilihan suatu teknologi yang tepat bagi UKM sangat subyektif dan kabur jika dikaitkan dengan kriteria yang banyak, karena pemilihan tersebut dilakukan oleh manusia. Analisa pengambilan keputusan dengan pendekatan konsep fuzzy digunakan untuk meningkatkan kemampuan Analytic Hierarchy Process (AHP) yang biasanya diaplikasikan dalam bentuk crisp. Penggunaan metode pembobotan entropy untuk menentukan tingkat prioritas alternatif teknologi yang digunakan pada UKM. Metode a-cut digunakan untuk menghindari ketidakpastian proses pe-rangking-an angka fuzzy yaitu dengan membentuk ulang matriks penilaian fuzzy menjadi matriks interval penilaian fuzzy. Angka-angka fuzzy digunakan sebagai referensi untuk mengindikasikan tingkat pengaruh tiap-tiap elemen pada struktur hirarki. Pendekatan fuzzy linguistik digunakan untuk mengatasi ketidak pastian dan kesubyektifan dari penilaian manusia. Penggunaan fuzzy dalam AHP mengakibatkan pengambilan keputusan menjadi konsisten dengan tingkat kepercayaan yang berbeda-beda, hal ini ditunjukkan dengan a-level dan indeks optimisme yang berbeda tidak mempengaruhi hasil akhir. Dari perhitungan pembobotan AHP-fuzzy ditemukan suatu alternatif teknologi (mesin) yang sesuai dengan industri kecil yaitu mesin CHMER CM120+50MP. Kata kunci: Fuzzy Logic, Analytic Hierarchy Process, Shannon Entropy, Analisis Keputusan, MCDM
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous