Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Just in Time Production dengan Sistem Kanban untuk Meningkatkan Akurasi Rencana Produksi & Penurunan Biaya Inventory (Studi Kasus : Plant 1 PT. FSCM Manufacturing Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Just in Time Production dengan Sistem Kanban untuk Meningkatkan Akurasi Rencana Produksi & Penurunan Biaya Inventory (Studi Kasus : Plant 1 PT. FSCM Manufacturing Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Yuliani Dwi Lestari
Subject(s) Just in Time
Production Planning & Inventory Control
Classification 658.56
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT FSCM Manufacturing Indonesia merupakan salah satu produsen rantai besar di Asia. Selain memproduksi produk rantai, saat ini perusahaan juga memproduksi filter dan kabel kontrol. Meskipun bisnis proses semakin luas, pihak perusahaan tetap menyadari bahwa tingkat persaingan di dunia industri semakin ketat. Selain mampu menghasilkan produk dengan cepat dan murah perusahaan juga dituntut untuk mampu menghasilkan produk yang berkualitas sehingga dapat terus eksis dipasar. Keberhasilan untuk menciptakan produk dengan cepat, murah dan berkualitas sangat dipengaruhi oleh kondisi sistem produksi dan perencanaannya. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka dalam penelitian ini akan dirancang sebuah sistem produksi yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan perbaikan yaitu Just In Time Production dengan Sistem Kanban sebagai alat bantu untuk mengontrol kegiatan produksi. Dalam penelitian ini, untuk melakukan perancangan sistem produksi langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan evaluasi kondisi lantai produksi mulai dari perhitungan kapasitas, besar komponen reject dan failure machine. Selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi akan ditentukan besar stok minimum, ukuran kontainer dan Order Point yang diharapkan dapat mengontrol dan mengantisipasi jika muncul permasalahan di lantai produksi. Selanjutnya dibangun kerangka triggering sistem kanban dan langkah terakhir adalah membangun model simulasi untuk menguji performansi sistem produksi jika dilakukan perubahan terhadap beberapa parameter dan pengambilan keputusan ukuran kontainer yang tepat berdasar total time dan biaya inventory paling minimum.Hasil dari penelitian ini berupa rancangan sistem produksi baru, dari push sistem menjadi pull system yang sesuai dengan kondisi perusahaan, dan berdasar output simulasi diketahui bahwa performansi Sistem Rancangan (JIT) lebih baik dibandingkan existing system karena memiliki total time dan biaya inventory yang lebih rendah, sedangkan ukuran kontainer yang dipilih adalah 400kg (400kg DC-200kg CC). Kata kunci):Just In Time Production, Sistem Kanban, Inventory, Simulasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous