Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Safery Stock Termodifikasi dan Evoluasi Fleksibilitas untuk Mengatasi Nervousness (Studi Kasus : PT. Matshusita Lighting indonesia, Pasuruan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Safery Stock Termodifikasi dan Evoluasi Fleksibilitas untuk Mengatasi Nervousness (Studi Kasus : PT. Matshusita Lighting indonesia, Pasuruan)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Alfian F. Erawan L.
Subject(s) Production and Planning Control
Classification 658.56
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perkembangan teknologi informasi yang pesat mengakibatkan dinamika permintaan pasar semakin bervariasi dan penuh ketidak pastian sehingga informasi tentang permintaan pasar seringkali berubah. Akibatnya terjadi perubahan dan ketimpangan dalam perencanaan produksi, kekacauan jadwal produksi, dan peningkatan biaya yang relatif besar pula. Kondisi demikian yang disebut sebagai nervousness. Ada 2 strategi utama yang bisa diambil dalam mengatasi nervousness, yaitu meredam dampak nervousness dan meningkatkan fleksibilitas terhadap berbagai aspek manufaktur. Penelitian kali ini menyelidiki penerapan 2 strategi tersebut. Pertama dilakukan analisa data permintaan historis dan menghitung nilai nervousness yang terjadi. Untuk strategi pertama, metode yang digunakan adalah safety stock termodifikasi. Selanjutnya dilakukan implementasi terhadap metode safety stock tersebut dan membandingkan performansinya dengan sistem yang sudah ada dengan simulasi. Akhirnya dilakukan analisa sensitivitas terhadap kedua sistem untuk mengetahui performansinya terhadap perubahan parameter input. Sedangkan untuk strategi kedua dilakukan evaluasi terhadap aspek fleksibilitas inventory perusahaan. Hasil evaluasi dapat dijadikan acuan bagi perusahaan untuk memperbaiki sistem inventory. Hasil implementasi dan simulasi menunjukkan penerapan safety stock termodifikasi mengakibatkan peningkatan terhadap rata-rata jumlah inventory dibandingkan sistem yang sudah ada. Peningkatan tersebut merupakan suatu harga yang harus dibayar untuk mengurangi nervousness. Pengurangan nilai nervousness diindikasikan oleh penurunan jumlah rescheduling dan pemesanan ulang material sampai mendekati level nol. Di sisi lain, hasil evaluasi fleksibilitas inventory menunjukkan beberapa dimensi fleksibilitas inventory dimana perusahaan harus melakukan perbaikan. Kata kunci : Nervousness, Safety Stock, Fleksibilitas, dan Simulasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous