Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Supplier Benang Tenun dengan Mempertimbangkan Variabilitas Performance Menggunakan Pendekatan Max-Min (Studi Kasus : Perusahaan Tenun Masyur-Sidoarjo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Supplier Benang Tenun dengan Mempertimbangkan Variabilitas Performance Menggunakan Pendekatan Max-Min (Studi Kasus : Perusahaan Tenun Masyur-Sidoarjo)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Nur Hayati
Subject(s) Supplier Evaluation
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Setiap perusahaan mempunyai lebih dari satu supplier untuk mensuplai/memasok material atau produk yang dibutuhkan. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tawar menawar yang dimiliki oleh perusahaan dan juga untuk menjaga ketersediaan produk. Berbagai masalah yang berhubungan dengan supplier selalu muncul. Misalnya, kualitas yang tidak sesuai spesifikasi dan keterlambatan pengiriman. Keadaan inilah yang mendorong pentingnya melakukan evaluasi supplier secara periodik dalam rangka mendapatkan supplier yang terbaik. Hal ini juga terjadi di Perusahaan Tenun Masyhur, yang memproduksi sarung tenun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut-atribut yang dipentingkan oleh Perusahaan Tenun Masyhur dalam pelaksanaan evaluasi supplier dan mengukur performansi supplier-supplier tersebut.Terdapat beberapa metode evaluasi supplier dapat digunakan untuk melaksanakan pemilihan supplier. Namun, jarang yang mengikutsertakan atau menggabungkan variabilitas performance pada proses pengambilan keputusan. Pembeli seharusnya dapat mengikutsertakan variabilitas performance agar mendapatkan hasil yang lebih akurat dalam mengevaluasi performansi supplier dan juga dalam rangka meningkatkan keefektifan pada proses pengambilan keputusan. Hal ini bisa dicapai dengan menggunakan pendekatan max - min, yang dapat menghitung variabilitas performansi supplier pada proses evaluasi supplier. Kemudian hasil ini diuji statistik non parametrik dalam mengidentifikasi kehomogenan grup dari supplier. Dengan menggunakan 5 atribut yang dipentingkan oleh Perusahaan Tenun Masyhur dalam mengevaluasi suppliernya, didapatkan hasil bahwa UD Bakti merupakan supplier terbaik (good performer), kemudian diikuti oleh Sumber Murni, Anyjaya dan Abidin. Kata Kunci : Evaluasi supplier, Pendekatan Max – Min, Effisiensi, Uji Kruskall Wallis .
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Patdono SuwignjoM.Eng.Sc;Putu Dana K, ST., M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous