Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Prediksi Pangsa Pasar dengan Pendekatan Markov Chain dan Perumusan Segmentasi, Targeting, Positioning untuk Produk Telkom Flexi Trendy (Studi Kasus : PT. Telkom Kandatel Surabaya Barat)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Prediksi Pangsa Pasar dengan Pendekatan Markov Chain dan Perumusan Segmentasi, Targeting, Positioning untuk Produk Telkom Flexi Trendy (Studi Kasus : PT. Telkom Kandatel Surabaya Barat)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ardhi Purtomo
Subject(s) OPERATION RESEARCH
Classification 005
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Peluncuran produk Flexi Trendy di pasar saat ini membutuhkan suatu riset yang berhubungan dengan pangsa pasar serta strategi pemasaran yang efektif guna dapat memenangkan persaingan di dalam perebutan pasar kartu seluler pra bayar. Dari kemajemukan yang dimiliki masyarakat di dalam menilai suatu layanan kartu pra bayar serta respon yang berbeda-beda terhadap suatu produk, menjadi hal yang menarik bagi PT. TELKOM untuk mempelajari perilaku konsumen yang dihadapi serta melihat peluang pertumbuhan produknya untuk waktu ke depan yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan produk lebih lanjut. Adapun riset pangsa pasar yang dapat menjawab hal ini adalah dengan melakukan prediksi pangsa pasar dengan menggunakan Rantai Markov, prediksi dilakukan dengan meneliti respon masyarakat serta mengetahui pola perpindahan pengguna kartu pra bayar, dimana hasil prediksi tersebut menunjukkan peningkatan pasar sebesar 9,52% dari pasar yang sangat tertarik terhadap produk dan Flexi Trendy diprediksi akan memantapkan pangsa pasarnya menjadi 26,04% di Surabaya pada semester mendatang. Dengan proses Segmentasi yang dilakukan dapat diketahui bahwa karakter pelanggan kartu pra bayar di Surabaya yang akan dilayani terbagi menjadi 4 segmen, dimana masing-masing segmen memiliki perbedaan perilaku terhadap atribut kartu pra bayar. Dari keempat segmen tersebut dilakukan proses Targeting yang akan membidik segmen 4 dengan potensi minat berlangganan yang paling besar dengan fokus penetrasi pada demografi usia dan jenis pekerjaan. Selanjutnya dilakukan Positioning produk yang menentukan keunggulan Flexi Trendy sebagai produk kartu pra bayar di lokal area dengan tarif percakapan yang murah dan antikloning. Dengan melihat bahwa segmen yang dibidik sangat mementingkan kualitas signal dan mengingat pertumbuhan produk yang diprediksikan akan mengalami peningkatan, maka Flexi Trendy hendaknya melakukan perbaikan infrastruktur yang mendukung peningkatan kualitas signal, guna mempertahankan loyalitas pasar yang dimilikinya. Kata Kunci: Prediksi Pangsa Pasar, Markov Chain, Strategi Pemasaran, Segmentasi, Targeting, Positioning.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Lantip Trisunarno, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous