Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Ekuitas Merek dengan Menggunakan Analisis Struktural Equation Modelling (Studi Kasus : Lembaga Bimbingan Belajar XYZ)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Ekuitas Merek dengan Menggunakan Analisis Struktural Equation Modelling (Studi Kasus : Lembaga Bimbingan Belajar XYZ)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Khaerul Umam Agung Wicaksono
Subject(s) MARKETING MANAGEMENT
Classification 658.8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Latar belakang : Semakin menjamurnya lembaga bimbingan belajar (LBB) membuat persaingan dalam bisnis ini semakin ketat. Oleh karena diferensiasi yang ditawarkan oleh masing – masing LBB bisa dikatakan sangatlah tipis maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat dengan tujuan akhir produk yang ditawarkan dapat diterima oleh konsumen. Salah satu strategi yang sering digunakan untuk menarik hati konsumen adalah dengan strategi pemerekan. Strategi pemerekan ini memfokuskan pada pemberian nilai tambah dari produk yang ditawarkan sehingga kesan akan merek produk dapat melekat di hati konsumen. Dengan menggunakan strategi ini pula dapat dilakukan benhcmark keunggulan dan kelemahannya. Permasalahan : Bagaimana pengukuran ekuitas merek dalam lembaga bimbingan belajar. Tujuan : 1) Menentukan variabel pembanguan ekuitas merek beserta indikator indikatornya, 2) Mengetahui skor ekuitas merek beserta dengan skor variabel yang membangun sebuah merek, 3) Melakukan benchmark terhadap ekuitas merek beserta variabel pembangunnya khususnya untuk produk lembaga bimbingan belajar. Metodologi Penelitian : 1) Penentuan Variabel Penelitian. Dalam ekuitas merek terdapat enam variabel yang membangun yaitu kesadaran akan iklan (top of mind advertising), kesadaran akan merek (brand awareness), kepuasan akan merek (brand satisfaction), kesetiaan akan merek (brand loyalty), kesan akan kualitas (perceived quality) dan indeks potensi menggaet pelanggan di masa yang akan datang (gain index). Masing – masing variabel ini diturunkan lagi ke dalam indikator yang dijadikan sebagai item pertanyaan dalam kuesioner. 2) Pengumpulan Data. data diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada responden yaitu peserta didik lembaga bimbingan belajar untuk memgetahui persepsi konsumen terhadap seluruh hal yang bersangkut paut dengan layanan produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Lembaga bimbingan belajar yang diamati adalah LBB X, LBB Y dan LBB Z 3) Pengolahan Data. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling dengan bantuan software Lisrel 8.54. Output dari software ini berupa indeks kontribusi masing – masing variabel terhadap ekuitas merek yang kemudian diterjemahkan ke dalam persamaan regresi. 4) Perhitungan Skor Ekuitas Merek. Proses ini dimulai dengan mencari penilaian konsumen terhadap indikator yang membangun variabel ekuitas merek. Nilai ini dikalikan dengan kontribusi untuk masing – masing indikator terhadap variabel sehingga diperoleh skor untuk variabel tersebut. 5) Analisis Benchmark Ekuitas Merek, dilakukan dengan membandingkan skor untuk ketiga cabang LBB Primagama. Hasil : 1) Terdapat dua variabel yang sangat berpengaruh terhadap ekuitas merek yaitu kesan akan kualitas (perceived quality) dan kepuasan akan merek (brand satisfaction) 2) LBB Z mempunyai keunggulan dibanding dengan cabang lainnya khususnya pada variabel Top of Mind Advertising / kesadaran akan iklan, Top of Mind Brand / kesadaran akan merek dan Gain Index / indeks potensi menggaet pelanggan di masa yang akan datang. Untuk LBB Y mempunyai kenggulan pada variabel Brand Satisfaction / kepuasan akan merek, Perceived Quality / kesan akan kualitas. Sedangkan LBB X mempunyai nilai lebih hanya pada variabel Brand Loyalty / kesetiaan akan merek 3) Skor untuk ekuitas merek untuk masing – masing LBB tidak mempunyai perbedaan yang cukup signifikan; Kata Kunci : Structural Equation Modelling, ekuitas merek, lembaga bimbingan belajar, manajemen pemasaran
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Eko Nurmianto, M.Eng,Sc,DERT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous