Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Tingkat Implementasi Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Perancangan Hazards dengan Pendekatan Risk Assessment di PT. Petrokimia Gresik (Studi Kasus Pabrik II Unit Pupuk Fosfat I)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Tingkat Implementasi Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Perancangan Hazards dengan Pendekatan Risk Assessment di PT. Petrokimia Gresik (Studi Kasus Pabrik II Unit Pupuk Fosfat I)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Nurul Chamidah
Subject(s) Occupational Safety and Health
Classification 628
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Evaluasi atau audit terhadap implementasi program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh pihak manajemen di setiap perusahaan. Hasil dari audit tersebut akan memberikan gambaran mengenai keberhasilan tingkat implementasi program K3 dan rekomendasi mengenai kekurangan yang perlu diperbaiki atau keberhasilan yang perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan. Pengukuran keberhasilan implementasi program K3 yang hanya didasarkan pada parameter output jumlah kecelakaan yang terjadi kurang obyektif karena tidak mempertimbangkan proses yang ditempuh untuk mendapatkan output tersebut. Audit internal yang dilakukan oleh PT Petrokimia Gresik selama ini juga menekankan pada parameter banyaknya kecelakaan kerja yang terjadi dan checklist yang digunakan bersifat umum sehingga belum dapat menunjukkan secara obyektif sejauh mana pencapaian program implementasi. Dalam penelitian ini dikembangkan model pengukuran keberhasilan implementasi program K3 yang menggabungkan parameter jumlah kecelakaan yang terjadi dan proses implementasi K3. Selain itu juga dilakukan identifikasi dan perangkingan hazards dengan pendekatan Risk Assesment di Pabrik II Unit Pupuk Fosfat I. Hasil dari penelitian ini adalah pencapaian tingkat implementasi program K3 di PT Petrokimia Gresik sebesar 87,908%. Nilai ini mengindikasikan bahwa kategori implementasi program K3 adalah hijau. Sedangkan level implementasi program K3 di PT Petrokimia Gresik berada pada level 2. Enambelas sumber bahaya telah diidentifikasi dalam penelitian ini, ada enam sumber bahaya yang mendapat rangking 2, enam lainnya mendapat rangking 3, tiga sumber bahaya mendapat rangking 4 dan satu sisanya mendapat rangking 5. Keywords : checklist, hazards, Risk Assessment.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc;Arief Rahman, ST.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous