Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Alternatif Penanggulangan Kemacetan pada Perlintasan Kereta Api JPL 25 Km 10+825 sebagai Konsekwensi Logis Adanya Tambahan Pengoperasian Komputer dengan Menggunakan Metode Simulasi Diskrit
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Alternatif Penanggulangan Kemacetan pada Perlintasan Kereta Api JPL 25 Km 10+825 sebagai Konsekwensi Logis Adanya Tambahan Pengoperasian Komputer dengan Menggunakan Metode Simulasi Diskrit
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Firly Saniristi
Subject(s) Simulation
Classification 003
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Permasalahan transportasi sekarang ini sudah menjadi permasalahan utama bagi kota-kota besar, seperti kota Surabaya dimana juga diiringi dengan meningkatnya jumlah (volume) kendaraan di kota Surabaya setiap tahunnya. Dalam rangka menunjang penyelesaian terhadap permasalahan transportasi dilakukan terobosan baru oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dan PT Kereta Api Indonesia ialah pengoperasian kereta api komuter. Namun ternyata dengan adanya kereta api komuter ini menambah kemacetan yang terjadi diperlintasan-perlintasan kereta api yang diakibatkan karena frekwensi penutupan pintu perlintasan semakin tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memberikan alternatif-alternatif untuk menanggulangi kemacetan yang terjadi di perlintasan kereta api kritis yaitu JPL 25 Km. 10+825 (Jemur Andayani) dengan menggunakan metode simulasi diskrit. Disamping simulasi, juga dilakukan studi kelayakan dari aspek finansial untuk menentukan alternatif mana yang dapat mengurangi dan sekaligus menanggulangi kemacetan diperlintasan kereta api JPL 25 Km. 10+825 (Jemur Andayani). Berdasarkan penelitian, alternatif terbaik yang terpilih ialah alternatif satu yaitu pembangunan Frontage Road dimana memiliki waktu tunggu kendaraan paling kecil bila dibandingkan dengan alternatif lainnya yaitu 1,02 jam. Disamping simulasi jika ditinjau dari aspek finansial maka alternatif satu ini memiliki keuntungan atau manfaat yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan cost yang dikeluarkan. kata kunci : KA Komuter, metode simulasi diskrit, frontage road, benefit-cost ratio
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. I. Ketut Gunarta, MT.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous