RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Evaluasi Alternatif Penanggulangan Kemacetan pada Perlintasan Kereta Api JPL 25 Km 10+825 sebagai Konsekwensi Logis Adanya Tambahan Pengoperasian Komputer dengan Menggunakan Metode Simulasi Diskrit |
Edition | |
Call Number | |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Firly Saniristi |
Subject(s) | Simulation |
Classification | 003 |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2004 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | |
Specific Detail Info | Permasalahan transportasi sekarang ini sudah menjadi permasalahan utama bagi kota-kota besar, seperti kota Surabaya dimana juga diiringi dengan meningkatnya jumlah (volume) kendaraan di kota Surabaya setiap tahunnya. Dalam rangka menunjang penyelesaian terhadap permasalahan transportasi dilakukan terobosan baru oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dan PT Kereta Api Indonesia ialah pengoperasian kereta api komuter. Namun ternyata dengan adanya kereta api komuter ini menambah kemacetan yang terjadi diperlintasan-perlintasan kereta api yang diakibatkan karena frekwensi penutupan pintu perlintasan semakin tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memberikan alternatif-alternatif untuk menanggulangi kemacetan yang terjadi di perlintasan kereta api kritis yaitu JPL 25 Km. 10+825 (Jemur Andayani) dengan menggunakan metode simulasi diskrit. Disamping simulasi, juga dilakukan studi kelayakan dari aspek finansial untuk menentukan alternatif mana yang dapat mengurangi dan sekaligus menanggulangi kemacetan diperlintasan kereta api JPL 25 Km. 10+825 (Jemur Andayani). Berdasarkan penelitian, alternatif terbaik yang terpilih ialah alternatif satu yaitu pembangunan Frontage Road dimana memiliki waktu tunggu kendaraan paling kecil bila dibandingkan dengan alternatif lainnya yaitu 1,02 jam. Disamping simulasi jika ditinjau dari aspek finansial maka alternatif satu ini memiliki keuntungan atau manfaat yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan cost yang dikeluarkan. kata kunci : KA Komuter, metode simulasi diskrit, frontage road, benefit-cost ratio |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Ir. I. Ketut Gunarta, MT. |
Volume | 1 |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |