Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaiakan Karakteristik Kualitas Semen dengan Menggunakan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. Semen Gresik (Persero), Tbk)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaiakan Karakteristik Kualitas Semen dengan Menggunakan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. Semen Gresik (Persero), Tbk)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ratri Dhewi Wahani
Subject(s) Lean Manufacture
Quality Contro
Six Sigma
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2004
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kualitas merupakan suatu hal yang sangat penting agar suatu produk atau jasa dapat tetap eksis dalam persaingan yang ada. Selain kualitas, lead time produksi juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan konsumen. Dalam penelitian ini akan dilakukan pemetaan keseluruhan aktivitas yang terjadi dalam order fulfillment process di PT. Semen Gresik (persero), Tbk, sehingga dapat mendeteksi wastes yang terjadi didalam sistem produksi semen. Penelitian ini akan berfokus pada produksi semen PPC dan OPC yang dilakukan di PT. Semen Gresik (persero), Tbk. Dari data produksi semen selama tahun 2003 diketahui sigma level semen OPC ±4.55s sedangkan sigma level semen PPC ±3.18s, sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas produk secara bertahap dengan target akhir mencapai 6s. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan siklus DMAIC dari six sigma. Pada tahap define akan ditemukan waste yang terjadi disepanjang sistem produksi, pada tahap measure dilakukan pemetaan secara detail terhadap waste yang terjadi dengan menggunakan value stream tools, pada tahap analyze dilakukan analisa terhadap akar penyebab yang menimbulkan waste diperusahaan, pada tahap improve dibuat rancangan perbaikan terhadap penyebab-penyebab timbulnya waste, dan pada tahap control dibuat rencana mekanisme sistem kontrol dari rencana perbaikan. Dari hasil penelitian ditemukan waste pada sistem produksi yaitu adanya defect yaitu penyimpangan produk semen terhadap standar mutu dan unnecessary motion yang terjadi pada saat kedatangan material trass. Kemudian pada tahap akhir dihasilkan rencana sistem kontrol dari perbaikan kualitas semen dengan tujuan meningkatkan kualitas produk sampai 6s dan pengurangan aktivitas dalam sistem produksi sehingga lead time berkurang dari 171-183 jam menjadi 131-143 jam Kata kunci : Six Sigma, Lean Manufacture, Big Picture Mapping, Value Stream Mapping Tools
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokhamad Suef, MSc(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous