Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perencanaan dan Penjadwalan Aktivitas Distribusi dengan Menggunakan Distribution Requirement Planning (DRP) (Studi Kasus : Industri Sepatu Mr. Pink)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perencanaan dan Penjadwalan Aktivitas Distribusi dengan Menggunakan Distribution Requirement Planning (DRP) (Studi Kasus : Industri Sepatu Mr. Pink)
Edition
Call Number 2005/05
ISBN/ISSN
Author(s) Arie Restu Wardhani
Subject(s) Logistic Management
Classification 658.7
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perusahaan Mr. Pink merupakan perusahaan sepatu wanita dimana sistem distribusi yang digunakan adalah sistem Pull. Karakteristik dari sistem Pull adalah keputusan pemenuhan produk dibuat oleh distribution center dan pemesanan produk ke central supply atau ke pabrik tanpa mempertimbangkan permintaan dan persediaan distribution center lainnya. Hal ini menyebabkan permintaan yang sangat fluktuatif dan safety stock yang dibutuhkan cukup besar. Oleh karena itu perusahaan perlu melakukan perencanaan distribusi yang baik sehingga dapat mengalokasikan kebutuhan produk pada masing-masing agen. Salah satu metode perencanaan distribusi adalah dengan menggunakan Distribution Requirement Planning (DRP). DRP merupakan proses manajemen yang menentukan kebutuhan persediaan distribution center dan agen untuk memastikan bahwa sumber persediaan dapat memenuhi permintaan. Selanjutnya ditentukan jadwal dan rute kendaraan minimal dengan metode Penghematan Clarke-Wright (Clarke Wright Saving Method). Metode penghematan clarke-wright merupakan prosedur mengkombinasikan sekumpulan rute untuk mendapatkan sekumpulan rute yang lebih baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode DRP dan metode penghematan lebih efisien bila dibandingkan dengan metode sebelumnya. Dengan metode DRP, pengurangan total biaya adalah sebesar 2,03 %, dan dengan metode penghematan total jarak menjadi lebih kecil dan penggunaan kendaraan menjadi lebih sedikit. Kata kunci : DRP, Metode Penghematan Clarke-Wright, Perencanaan dan Penjadwalan Distribusi.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, M.Sc.MReg.Sc: Nurhadi Siswanto, ST.;MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous