Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemilihan Supplier Produk Import Melalui Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Pengadaan Barang di PT. Pertamina (Persero) DOH JBT-Cepu)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemilihan Supplier Produk Import Melalui Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Pengadaan Barang di PT. Pertamina (Persero) DOH JBT-Cepu)
Edition
Call Number 2005/11
ISBN/ISSN
Author(s) Mahmud Yunus
Subject(s) AHP
Supplier
Classification 658.403
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pada era globalisasi ini, banyak supplier yang menawarkan material-material pemboran dari berbagai produk seperti produk dari negara Cina dengan berbagai macam merek dan produk dari negara-negara bekas pecahan Uni Soviet yang bersaing dengan produk dari negara Amerika Serikat yang saat ini menguasai pasar di Indonesia. Material pemboran biasanya cukup mahal dan harus mempunyai spesifikasi yang ketat karena besarnya resiko yang terjadi jika material yang digunakan dalam pemboran sumur migas berkualitas jelek. Mengingat ketatnya spesifikasi material dan banyaknya Supplier yang menawarkan material dari berbagai merk tersebut mengharuskan Pertamina untuk selektif memilih supplier dengan mempertimbangkan berbagai aspek diantaranya adalah aspek mutu produk, harga, delivery dan jaminan supply. Faktor rantai pasok (supply chain) dari supplier yang terdiri dari Distributor atau Pabrik di luar negeri serta faktor kondisi negara penghasil produk tersebut sangat berpengaruh terhadap mutu produk, harga, delivery dan jaminan supplynya. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa faktor supply chain supplier dan pembuatan pembobotan dengan menggunakan Analytical Hirarky Process (AHP) terhadap supplier dan supply chainnya agar dapat dilakukan pemilihan supplier dengan tepat sehingga didapat material yang sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan dengan harga yang relatif murah guna mendukung operasional pengeboran sumur migas dengan aman, efisien dan efektif. Kata kunci : pemilihan supplier, supply chain, analytical hierarchy process (AHP)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Suparno, MSIE;Iwan Vanany, ST.,MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous