Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Supply Chain Performance dan Supply Chain Influence dengan Pendekatan Scorecard dan Struktural Equation Model (SEM) (Studi Kasus PT. Panggung Electric Corporation)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Supply Chain Performance dan Supply Chain Influence dengan Pendekatan Scorecard dan Struktural Equation Model (SEM) (Studi Kasus PT. Panggung Electric Corporation)
Edition
Call Number 2005/18
ISBN/ISSN
Author(s) Ferdiana Koesuma Wardhani
Subject(s) SUPPLY CHAIN
Classification 658.7
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dengan semakin meningkatnya persaingan di dunia usaha, maka masing-masing perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategy perusahaannya agar dapat menciptakan keunggulan di mata konsumen. Sejak awal tahun 1990 terjadi perubahan didalam manufacturing strategy, dengan mulai dikembangkannya kolaborasi antara supplier, manufakturing dan konsumen atau yang disebut sebagai supply chain. Dengan adanya supply chain ini maka diharapkan perusahaan dapat mengidentifikasikan permasalahan–permasalahan yang timbul seperti biaya, kualitas, waktu pemesanan, persediaan, penjadwalan produksi, lead time, downtime dan lain-lain guna meningkatkan kemampuan perusahaannya. PT. Panggung Electric Corporation khususnya MBU-III merupakan media bisnis yang memproduksi TV rack kayu. Dimana baru pada tahun 2002 baru melaksnakan proses supply chain. Dalam rangka proses pengendalian dan pengawasan maka diperlukan adanya suatu pengukuran kinerja secara berkala didalam pelaksanaan supply chain dan perlu juga diketahui seberapa besar pengaruh supply chain yang diadakan perusahaan terhadap supplier, PT. Panggung dan konsumen guna menentukan prioritas perencanaan peningkatan kinerja supply chain dimasa yang akan datang. Untuk itu, dalam penelitian ini akan dilakukan analisa terhadap kinerja supply chain pada PT. Panggung Electric Corporation khususnya MBU–III dengan melakukan pendekatan SCOR Metric atau biasa disebut dengan SCORCard, dimana dalam pengukurannya terdapat tiga perspektif indicator yaitu; (1) customer facing, (2) internal facing ditambah dengan supplier facing dimana dalam pengolahan datanya akan menggunakan objective metric ( OMAX).Selain itu akan dilakukan analisa ( supply chain influence ) dengan pendekatan structural equation model untuk mengetahui pengaruh dari ketiga perspektif indikator supply chain terhadap performance perusahaan guna penentuan prioritas perencanaan improvement dimasa yang akan datang. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh bahwa adanya peningkatan supply chain performance pada periode tahun 2002 ke tahun 2003 sebesar 27 %. Dari hasil pengolahan juga diperoleh bahwa Dari perhitungan Supply chain influence yang paling berpengaruh adalah customer facing dengan nilai estimate terbesar yaitu 0,28 dan yang berpengaruh kedua adalah internal facing dengan nilai estimate yaitu sebesar 0,25 dan yang ketiga adalah supplier facing dengan nilai estimate yaitu sebesar 0,19. Dari perhitungan diperoleh bahwa dalam usaha perbaikan yang akan dilakukan oleh perusahaan Atribut customer facing memiliki prioritas utama, pada prioritas kedua adalah Atribut internal facing dan yang terakhir adalah supplier facing. Kata kunci : Supply Chain, SCOR Model, Scorcard, performance, Suply chain influence,SEM
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Suparno, MSIE;Ir. I Ketut Gunarta, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous