Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Usulan Penggunaan Metode Fuzzy Artificial Neural Network untuk Peramalan Kebutuhan Listrik (Studi Kasus : PLN Area Pelayanan Malang)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Usulan Penggunaan Metode Fuzzy Artificial Neural Network untuk Peramalan Kebutuhan Listrik (Studi Kasus : PLN Area Pelayanan Malang)
Edition
Call Number 2005/19
ISBN/ISSN
Author(s) Andrias Setio Harsono
Subject(s) FORECASTING
Neural-Fuzzy
Classification 003.2
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pada beberapa tahun terakhir ini telah terjadi peningkatan pesat dalam pertumbuhan ekonomi daerah Malang, sehingga terjadi peningkatan yang besar terhadap kebutuhan energi listrik sampai melampaui skenario yang semula direncanakan oleh pemerintah. Peningkatan pasokan tenaga listrik terutama pada beberapa tahun mendatang harus semakin ditingkatkan untuk dapat sejalan dengan kemajuan ekonomi dan juga untuk mengatasi kekurangan listrik yang masih terjadi di beberapa daerah. Guna mempersiapkan pengembangan usaha listrik dipandang perlu untuk membentuk sebuah perencanaan dengan menyusun sebuah peramalan serta dasar-dasar perhitungannya sehingga penelitian ini dapat menarik bagi pemerintah daerah dan PLN. Dalam penelitian ini diusulkan penggunaan suatu metode neural-fuzzy untuk meramalkan kebutuhan tenaga listrik dengan skenario jangka waktu tertentu. Data pemakaian beban listrik tahun 1995 s/d 2003 yang diperoleh dari PLN Area Pelayanan Malang dimodelkan dalam fungsi fuzzy terlebih dahulu, kemudian hasilnya digunakan sebagai input dari model peramalan artificial neural network. Dilakukan untuk masing-masing skenario output peramalan yang dibuat untuk jangka waktu 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun ke depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasan data yang diolah dengan fungsi fuzzy ternyata tidak berpengaruh terhadap parameter pembiasannya (a), melainkan tetap bergantung pada tingkat optimisme analis (ß). Model neural network akan lebih akurat untuk peramalan dengan jangka waktu satu periode kedepan dengan nilai RMSE dan MAPE mencapai 0.01. Kebutuhan beban tenaga listrik yang diramalkan untuk area pelayanan Malang dari keempat sektor pelanggan untuk tahun 2004 adalah 1.200,8 GWh dan cadangan daya minimum 20% dengan total energi yang harus disediakan adalah 1.440,9 GWh. Kata kunci : kebutuhan listrik, peramalan, neural-fuzzy
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc;Nurhadi Siswanto, ST., MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous