Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Lean Six Sigma dengan Pendekatan Value Stream Mapping untuk Evaluasi dan Peningkatan Kinerja Green Supply Chain (Studi kAsus PT. Ecco Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Lean Six Sigma dengan Pendekatan Value Stream Mapping untuk Evaluasi dan Peningkatan Kinerja Green Supply Chain (Studi kAsus PT. Ecco Indonesia)
Edition
Call Number 2005/24
ISBN/ISSN
Author(s) Diana Puspitasari
Subject(s) Green Supply Chain
Six Sigma
Classification 658.562
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Fenomena baru mengenai new industrial revolution (revolusi industri baru), yang pada hakekatnya terkait dengan manajemen lingkungan turut mempengaruhi kebijakan mengenai peningkatan kinerja pada perusahaan. Perencanaan peningkatan kinerja dapat dilakukan dengan mengetahui lebih dahulu kinerja supply chain yang ada pada perusahaan yang dievaluasi dengan menggunakan metodologi Lean Six Sigma DMAIC Process dengan pendekatan Value Stream Mapping yang divisualisasikan dengan Big Picture Mapping. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk membuat gambaran menyeluruh aktivitas perusahaan untuk mengetahui kinerja green supply chain dengan pendekatan big picture mapping; mengidentifikasi waste dengan menggunakan value stream mapping tools; dan membuat usulan improve untuk mereduksi biaya dan waste yang telah diidentifikasi. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan pemborosan tertinggi yang terjadi adalah waste human potential yang berkaitan dan sebagian besar waktu aktivitas merupakan delay dengan persentase 73,89% walaupun jumlah aktivitas terbesar adalah operasi dengan persentase 74,26%. Sedangkan biaya non value adding activity yang dikeluarkan paling tinggi adalah untuk pembuangan limbah yang dapat ditekan dengan pengiriman 25% limbah ke pengolah lokal ataupun investasi sludge and fleshing dryer dengan penghematan biaya masing-masing sebesar Rp. 283.500.000,00 dan Rp. 1.282.489.957,12 pertahun. Kata Kunci : Green Supply Chain, Lean Six Sigma, Value Stream Mapping, Big Picture Mapping, Biaya non value adding activity.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous