Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Data Envelopment Analysis dalam Pemilihan Supplier dan Perbaikan Performansi Supplier (Studi kasus CV. Sinar Jombang)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Data Envelopment Analysis dalam Pemilihan Supplier dan Perbaikan Performansi Supplier (Studi kasus CV. Sinar Jombang)
Edition
Call Number 2005/25
ISBN/ISSN
Author(s) Yeni
Subject(s) Envelopment Analysis
Classification 338.287
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pemilihan supplier, dengan mengukur performansi supplier adalah hal penting yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan dengan perusahaan lain dalam hal kepuasan pelanggan. Perhitungan performansi supplier menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA), yang mampu mengevaluasi tingkat efisiensi relatif sebuah Decision Making Units (DMUs), dan yang bersifat non-parametrik dan multifaktor, baik output maupun input. Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan offset printing, yang menggunakan bahan baku kertas coated duplex dengan gramature 270. Perusahaan saat ini menggunakan 12 supplier. Penelitian ini dilakukan untuk membantu perusahaan dalam memilih supplier yang tepat bagi perusahaan, mengingat selama ini perusahaan menggunakan banyak supplier untuk memenuhi kebutuhannya. Atribut performansi yang akan digunakan untuk menilai supplier adalah price, quality, delivery performance, and order fulfillment. Dari hasil perhitungan, didapatkan bahwa supplier kertas coated duplex 270 berkurang dari 12 supplier menjadi 3 supplier yaitu PT. Pakerin, Pura Kertas dan Dharma Abadi. Supplier yang tidak terpilih adalah supplier yang berada pada kategori inefficient supplier dan untuk mencapai tingkat efisiensi yang optimal, supplier tersebut harus melakukan perbaikan. Jaya Kertas sebaiknya meningkatkan kualitas kertas coated 270 sebesar 3,68%; delivery performance sebesar 3,6%; dan fulfill order sebesar 21,9%. Untuk Surya Pamenang, kualitas kertas coated 270 harus ditingkatkan sebesar 8,24%, delivery performance sebesar 8,22% dan fulfill order sebesar 33,3%. Untuk meningkatkan kualitas kertas, delivery performance dan fulfill order ini, Jaya Kertas dan Surya Pamenang sebaiknya melakukan benchmarking ke kompetitornya yaitu Dharma Abadi dan PT. Pakerin untuk mengetahui apa yang dilakukan kompetitornya berkaitan dengan kualitas kertas, delivery performance dan fulfill order. Kata kunci: Supplier, Data Envelopment Analysis, Efisiensi Relatif
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh Suef, MSc.(Eng);Nani Kurniati, ST, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous