Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penggunaan Model Integrasi Six Sigma dalam Perspektif Proses Bisnis Internal Balanced Scorecard (Studi kasus di PT. Semen Gresik Tbk)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penggunaan Model Integrasi Six Sigma dalam Perspektif Proses Bisnis Internal Balanced Scorecard (Studi kasus di PT. Semen Gresik Tbk)
Edition
Call Number 2005/26
ISBN/ISSN
Author(s) Iwan Kurniawan Hadianto
Subject(s) Balanced Scorecard
Six Sigma
Classification 658.562
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Untuk mampu bersaing dalam pasar semen dan meningkatkan kinerja perusahaan maka PT. Semen Gresik Tbk. telah mengembangkan konsep manajemen strategik Balanced Scorecard sebagai dasar perencanaan strategis perusahaan dan peningkatan kinerja perusahaan. Selanjutnya, melalui proses pengukuran dan evaluasi kinerja maka akan dapat diketahui Key Performance Indicator (KPI) yang kinerjanya buruk atau tidak mencapai target yang diinginkan. KPI tersebut diindikasikan dengan warna merah atau kuning, dimana membutuhkan tindakan perbaikan sehingga mampu mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk melakukan perbaikan, dibutuhkan sebuah metode yang sistematis dan efektif sehingga tindakan perbaikan dapat terfokus pada akar permasalahan. Six Sigma telah memberikan contoh dan manfaat yang nyata sebagai konsep manajemen perbaikan yang fokus serta sistematis. Kondisi diatas menjadi dasar untuk membangun sebuah model integrasi yang mampu mengoptimalkan manfaat antara Balanced Scorecard dan Six Sigma. Bentuk integrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma yaitu Six Sigma digunakan untuk mengelola KPI-KPI yang kinerjanya buruk dalam Balanced Scorecard. Implementasi model integrasi pada perspektif proses bisnis internal di Seksi Pakcer Gresik, PT. Semen Gresik Tbk menunjukkan bahwa KPI Quality Assurance Factor (QAF) dari berat semen sak jenis Ordinary Portland Cement (OPC) memiliki indikator kinerja berwarna kuning. Analisa proses dan produk menghasilkan Cpm dan Cpmk dibawah satu memberikan gambaran bahwa proses pengisian semen kedalam sak serta produk yang dihasilkan dapat dianggap tidak akan mampu memenuhi spesifikasi produk yang telah ditetapkan. Tindakan perbaikan adalah dengan melakukan penggantian mesin packer dengan investasi Rp. 12.000.000.000,-. Investasi ini akan memberikan penghematan sebesar Rp. 880.600.000,- pertahun. Jadi pay back period adalah 14 tahun dan jika umur mesin adalah 30 tahun maka investasi ini masih memberikan keuntungan yang cukup besar.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Iwan Vanany;Naning Aranti Wessiani, ST, MM
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous