Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Usulan Pemilihan Supplier Bahan Baku dengan Penggabungan Metode Topsis dan AHP (Studi kasus pada Perusahaan Kayu CV. 88 Samarinda)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Usulan Pemilihan Supplier Bahan Baku dengan Penggabungan Metode Topsis dan AHP (Studi kasus pada Perusahaan Kayu CV. 88 Samarinda)
Edition
Call Number 2005/29
ISBN/ISSN
Author(s) Dutho Suh Utomo
Subject(s) Analytic Hierarchy Process
Classification 658.403
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pemilihan supplier perlu dilakukan untuk mendapatkan supplier yang benar-benar mampu memenuhi kebutuhan perusahaan secara konsisten. Proses pemilihan supplier dengan cara melakukan evaluasi terhadap supplier dan membandingkannya dengan menggunakan ukuran dan kriteria yang sesuai. Metode TOPSIS merupakan metode multi kriteria yang mencari penyelesaian berdasarkan jarak terdekat dengan titik ideal positif dan jarak terjauh dengan titik ideal negatif. Metode TOPSIS mempunyai kelemahan, yaitu memerlukan bobot awal untuk mengolah data selanjutnya. Oleh karena itu perlu dilakukan penggabungan dengan metode MCDM lain untuk mendapatkan bobot awal yaitu AHP. Metode gabungan AHP dan TOPSIS ini akan di studi kasuskan pada CV.88 yang merupakan perusahaan yang memproduksi kayu. Dari hasil perhitungan dengan AHP didapatkan bahwa kriteria kualitas sebesar 0.295. Nilai ini merupakan bobot tertinggi diantara kriteria yang lain. Hal ini menunjukan bahwa pihak perusahaan (CV.88) memandang bahwa kriteria kualitas merupakan kriteria yang paling utama dalam pemilihan supplier. Sedangkan dari hasil perhitungan TOPSIS didapatkan supplier 4 merupakan supplier yang terbaik untuk dipilih. Hasil tersebut dapat menjadi masukan pada perusahaan pada pemilihan supplier. Kata kunci : Supplier, MCDM, AHP, TOPSIS.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Lantip Trisunarno, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous