Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Metode Environmentally Conscious Manufacturing pada Industri Otomotif Menggunakan Pendekatan Compromise Programming (Studi kasus pada Divisi Minimbus PT. X di Magelang)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Metode Environmentally Conscious Manufacturing pada Industri Otomotif Menggunakan Pendekatan Compromise Programming (Studi kasus pada Divisi Minimbus PT. X di Magelang)
Edition
Call Number 2005/34
ISBN/ISSN
Author(s) Ratnanto Fitriadi
Subject(s) SUSTAINABLE DEVELOPMENT
Classification 658.575 2
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Saat ini perhatian dan kesadaran masyarakat dunia terhadap masalah lingkungan semakin tinggi. Hal ini menuntut perubahan paradigma terutama bagi dunia industri untuk lebih responsif dan menyesuaikan strategi mereka dalam melakukan perancangan produk yang ramah lingkungan serta proses produksi bersih. Faktor-faktor tersebut merupakan usaha yang mendasarkan diri pada konsep Environmentally Conscious Manufacturing (ECM) selain juga product recovery (seperti remanufacture, recycle, reuse maupun repair), dan usaha-usaha untuk minimasi limbah serta penggunaan energi. Industri otomotif merupakan salah satu industri yang dilihat banyak memberikan kontribusi pada pencemaran lingkungan, tidak hanya dari limbah industri yang dikeluarkannya saja bahkan juga pada hasil produknya yang sangat potensial mencemari udara. Dalam upaya memenuhi obyektif memaksimalkan keuntungan dari sisi ekonomi, dan juga meminimalkan dampak lingkungan yang terjadi, maka akan terjadi fungsi tujuan yang saling konfliktual. Dengan menggunakan pendekatan compromise programming penelitian ini akan mencari kombinasi solusi kompromis yang efisien terhadap ke empat fungsi obyektif, yaitu maksimasi keuntungan, minimasi kandungan debu asap las, minimasi kandungan logam Fe dan minimasi kandungan logam Cd dalam asap las. Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa nilai solusi kompromis untuk fungsi tujuan maksimasi keuntungan adalah Rp 2.820.268.698,59 yang berarti turun 0,68% dari nilai-nilai solusi optimal individualnya. Kata kunci: environmentally conscious manufacturing, industri otomotif, compromise programming, debu las
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. I. Nyoman Pujawan, M.Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous