RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Perbaikan Sistem Distribusi Rasikin di Perum Bulog Divre Yogyakarta Menggunakan Vehicle Routing Problem |
Edition | |
Call Number | 2005/35 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Isana Arum Primasari |
Subject(s) | Logistic Distribution |
Classification | 658.7 |
Series Title | GMD | Tesis |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2005 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | |
Specific Detail Info | Jarak tempuh tour dan total biaya distribusi merupakan parameter dalam performansi logistik. Permasalahan ini menjadi rumit manakala banyak node yang akan menjadi tujuan distribusi. Perum Bulog Divre Yogyakarta masih belum mengoptimalkan pengalokasian terhadap tiga gudang Raskin yang dimilikinya, sehingga hal ini menyebabkan pemborosan biaya dan waktu karena jarak tempuh distribusinya besar dan akhirnya kredibilitas Perum Bulog menurun dimata stakeholdernya.Dalam penelitian akan dilakukan analisis rute distribusi logistik dengan tujuan mendapatkan rute yang feasible, sehingga dapat diketahui jumlah tour yang seharusnya dilaksanakan. Dengan ini akan diukur performansi logistik yang diukur melalui jumlah sarana angkut yang dibutuhkan untuk melaksanakan proses distribusi, total jarak tempuh distribusi, total waktu tour, total biaya distribusi dan utilisasi sarana angkut.Digunakan metode VRP (Vehicle Routing Problem) untuk menganalisa data sehingga diperoleh rute yang lebih baik. Dari penelitian diperoleh bahwa dengan VRP dihasilkan performansi logistik yang lebih baik dengan jarak tempuh yang lebih pendek yaitu 1845.6 km (efisiensi 60 %) untuk gudang Wates, 2452.2 km (efisiensi 62.35 %) untuk gudang Playen dan 4416.6 km (efisiensi 57.55%) untuk gudang Kalasan; waktu distribusi lebih singkat yaitu 130.31 jam (efisiensi 40.6 %) untuk gudang Wates, 174.22 jam (efisiensi 42.4 %) untuk gudang Playen dan 288.034 jam (efisiensi 36.7 %) untuk gudang Kalasan, dan biaya distribusi lebih murah yaitu Rp 10250000 (efisiensi 50.6 %) untuk gudang Wates, Rp 11500000 (efisiensi 24.6 %) untuk gudang Playen dan Rp 130000000 (efisiensi 43.7 %) untuk gudang Kalasan serta diperoleh jumlah sarana angkut 41 truk untuk gudang Wates, 46 truk untuk gudang Playen, dan 65 untuk gudang Kalasan.; dengan utilisasi gudang Wates 0.91 gudang Playen 0.86 dan gudang Kalasan 0.87. Kata kunci : VRP, performansi logistic, efisiensi, utilisasi |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Nani Kurniati, ST, MT |
Volume | 1 |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |