Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaikan Performance Manufacturing Lead Time dengan Aplikasi Value Stream Mapping (Studi Kasus PT. CRI - Pleret Pasuruan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaikan Performance Manufacturing Lead Time dengan Aplikasi Value Stream Mapping (Studi Kasus PT. CRI - Pleret Pasuruan)
Edition
Call Number 2005/44
ISBN/ISSN
Author(s) M. Irwan Pambudiharto
Subject(s) Performance Manufacturing
Classification 658.72
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Untuk menjalankan bisnis usaha tekstil benang jahit, PT. CRI-Pleret Pasuruan berusaha untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam objective masing-masing bagian yang disebut dengan Key Performance Indicator (KPI). Beberapa objective antara lain : customer service, inventory, cost saving dan manufacturing lead time akan saling mempengaruhi. Semakin cepat manufacturing lead time maka akan menurunkan inventory, cost saving dapat dicapai serta customer service akan lebih baik. Salah satu metode perbaikan performance dari manufacturing lead time adalah dengan melakukan analisa value stream mapping. Analisa value stream mapping dilakukan di PT. CRI-Pleret Pasuruan divisi Dyeing and Finishing (D&F) yang terdiri dari 3 departemen produksi, yaitu : Dyehouse, Finishing, dan Bonding. Pada studi kasus analisa value stream mapping ini, akan dilakukan perbaikan manufacturing lead time dengan melakukan pengurangan waste yang ada diperusahaan untuk nonspeciality product dari Row Material - Dyehouse – Finishing – Warehouse, sementara untuk speciality product ke Bonding tidak dilakukan. Sekarang ini, Manufacturing lead time untuk nonspeciality product di PT CRI-Pleret Pasuruan divisi Dyeing and Finishing (D&F) masih menjadi salah satu kelemahan. Dari analisa value stream mapping digambarkan seven wastes diperusahaan didapatkan dua waste yang terbesar adalah defect dan waiting kemudian dilakukan analisa pemilihan value stream mapping tool yang menggunakan metode Valsat sehingga didapatkan tool yang sesuai untuk pembahasan lebih lanjut, yaitu process activity mapping dan quality filter mapping. Hasil analisa value stream mapping adalah future state mapping dan identifikasi quality problems. Ini akan digunakan sebagai masukan untuk meningkatkan performance dari manufacturing lead time sehingga dapat meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan. Kata kunci : value stream mapping, manufacturing lead time, seven waste, speciality, nonspeciality.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Suparno, MSIE;Iwan Vanany, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous