Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran dan Evaluasi Kepuasan Pekerja dengan Menggunakan Model Luthans dan Managerial Effectiveness (Studi Kasus Fungsi Pengadaan - PT. Pertamina (Persero) Upms V)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran dan Evaluasi Kepuasan Pekerja dengan Menggunakan Model Luthans dan Managerial Effectiveness (Studi Kasus Fungsi Pengadaan - PT. Pertamina (Persero) Upms V)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Maria Dwi Susanti
Subject(s) Service Quality
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pengukuran kepuasan pekerja adalah aktivitas yang menciptakan suatu kultur dimana menilai pekerja tidak hanya menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan tetapi juga manfaat berkompetisi yang sangat ingin dicapai perusahaan. Banyak perusahaan yang melakukan pengukuran kepuasan untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas organisasi, karena melalui pengukuran kepuasan ini perusahaan dapat menentukan kebijakan pengembangan sumber daya manusianya secara lebih terarah pada apa yang benar-benar diinginkan oleh karyawannya.. Penelitian ini bertujuan mengukur indeks kepuasan pekerja. Identifikasi kriteria kepuasan diperoleh melalui Model Kepuasan Luthans dan Manajerial Effectiveness untuk mengukur kepuasan pekerja yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Terdapat 41 Sub kriteria yang merupakan penjabaran lebih detail dari delapan kriteria kepuasan yang meliputi Pekerjaan, Gaji, Promosi, Atasan, Team Work, Kondisi Kerja, Komunikasi dan Informasi, serta Pengembangan Diri. Dengan konsep Analytical Hierarchy Process (AHP) diperoleh bobot kriteria untuk masing-masing level pekerja, dimana pekerja pimpinan memiliki bobot terbesar pada Pengembangan Diri dan bobot kriteria pekerja biasa memiliki bobot terbesar pada Gaji. Indeks kepuasan pekerja pimpinan sebesar 74,2% dan indeks kepuasan pekerja biasa sebesar 74,6% yang menyatakan pekerja PERTAMINA merasa puas terhadap kinerja perusahaan. Rata-rata tingkat kepuasan kriteria terbesar pada Atasan (3,87), kemudian Team Work (3,78), Komunikasi dan Informasi (3,75), Gaji (3,74), Pekerjaan (3,71), Kondisi kerja (3,66), Pengembangan Diri (3.64), dan Promosi (3,45) Dari hasil pengukuran kepuasan pekerja prioritas peningkatan adalah pada kriteria promosi khususnya mengenai informasi yang diperlukan oleh pekerja yang berhubungan dengan kriteria promosi. Kata Kunci : Kepuasan Pekerja, Luthans, Indeks Kepuasan, Analytical Hierarchy Process
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Iwan Vanany, ST.,MT;Naning Aranti Wessiani, ST.,MM.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous