Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementsi Six Sigma untuk Meminimumkan Keluhan Konsumen pada Kemasan (Studi Kasus PT. Sari Husada,Tbk, Unit II-Klaten)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementsi Six Sigma untuk Meminimumkan Keluhan Konsumen pada Kemasan (Studi Kasus PT. Sari Husada,Tbk, Unit II-Klaten)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Kusnadi Agus Nugroho
Subject(s) Quality Management
Six Sigma
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kemasan yang merupakan bagian penting pada produksi susu bubuk dalam sachet akan berpengaruh terhadap interpretasi konsumen. Pengendalian kualitas sudah dimulai dari material awal datang sampai produk terselesaikan. Namun, sampai saat ini masih banyak keluhan yang datang dari konsumen tentang kemasan tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, maka perlu dilakukan suatu evaluasi kontrol kualitas produk atau perbaikan proses yaitu dengan implementasi six sigma. Penerapan six sigma dilakukan dengan siklus DMAIC yang akan memberikan suatu arahan pada perbaikan yang sistematis dan kontinyu. Tools yang dipakai adalah cause and effect diagram, pareto diagram dan FMEA. Diketahui bahwa untuk proses sealing, cacat terbesar adalah cacat sobek dengan persentase sebesar 32.2 %. Solusi perbaikan yaitu dengan memberi training pada operator tentang hubungan antara produk, material, dan mesin. Terjadi penurunan nilai DPMO dari 190,429 menjadi 86,319 atau turun 54,67 %. Pada proses cartoning, cacat tertinggi adalah cacat lubang/tergores pada badan alu foil sebesar 40.3 %. Solusi yang dipakai adalah memberi bantalan karet pada penyodok. Nilai sigma naik dari 5,0307 menjadi 5,2319. Pada tingkat output terjadi penurunan nilai DPMO dari 11,938 menjadi 9,330 atau turun 21.85 %. Kata kunci: kemasan, six sigma, DMAIC, FMEA dan DPMO
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh Suef, M.Sc.(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous