Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Mereduksi Non Value Addding Activities dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus di PT. Ajinomoto Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Mereduksi Non Value Addding Activities dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus di PT. Ajinomoto Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ni Luh Chandrs W.S
Subject(s) LEAN SIX SIGMA
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Persaingan bisnis yang ketat menyebabkan perusahaan harus selalu menjaga peformansinya. Peformansi perusahaan bergantung pada kemampuan untuk memenuhi order dari konsumen. Untuk itu perusahaan harus selalu berupaya untuk meningkatkan sistem pemenuhan order konsumen secara lebih efektif dan efisien. Hal-hal yang mempengaruhi sistem pemenuhan order salah satunya adalah terjadinya waste atau pemborosan yang mengakibatkan aktivitas yang tergolong dalam non-value adding activities. Penelitian ini berfokus untuk mengidentifikasi waste dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya waste pada proses produksi MSG di PT. Ajinomoto Indonesia dengan pendekatan Lean Six Sigma. Melalui pendekatan Lean Six Sigma, identifikasi waste dan faktor-faktor penyebabnya dengan menggunakan Big Picture Mapping dan Value Stream Mapping. Untuk membuat suatu rencana perbaikan digunakan FMEA (failure mode and effect analysis). Hasil dari penelitian ini yang pertama adalah telah diidentifikasi waste yang terjadi. Jenis-jenis waste tersebut adalah defect pada proses purifikasi dan packing; inappropriate processing pada proses dekalsifikasi, fermentasi, isolasi dan pemindahan finish good; dan waiting pada material dan analisa produk akhir. Yang kedua adalah rencana perbaikan untuk mengurangi terjadinya waste atau non-value adding activities serta yang ketiga yaitu mekanisme kontrol untuk rencana perbaikan tersebut sehingga sistem pemenuhan order konsumen dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Kata Kunci : Lean Six Sigma, Big Picture Mapping, Value Stream Mapping, FMEA (failure mode and effect analysis
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh Suef, M.Sc.(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous