Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Rekayasa Nilai (Value Engineering) pada Cold Reheated dan Cold Reheated Support dalam Pembangkit Tenaga Tipe HRSG Untuk Meningkatkan Daya Saing Pasar (Studi Kasus di PT. ALSTOM Power Energy System Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Rekayasa Nilai (Value Engineering) pada Cold Reheated dan Cold Reheated Support dalam Pembangkit Tenaga Tipe HRSG Untuk Meningkatkan Daya Saing Pasar (Studi Kasus di PT. ALSTOM Power Energy System Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Yoni Ainul Yakin
Subject(s) VALUE ENGINEERING
Classification 658.155 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pembangkit tenaga Heat Recovery Steam Generator (HRSG) adalah salah satu jenis pembangkit tenaga yang sangat diminati karena beberapa alasan, yaitu area yang dibutuhkan tidak besar dan ukuran unit yang tidak tinggi, sistem yang sederahana karena tidak memiliki proses pembakaran serta proses instalasi unit yang semakin cepat. Beberapa pertimbangan tersebut diatas yang menyebabkan semakin banyaknya pembangunan-pembangunan unit HRSG terutama di negara-negara bagian Amerika yang kebutuhan konsumsi listriknya kian meningkat. Disisi lain konsumsi jam orang di negara-negara Amerika yang sangat mahal jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Kondisi ini akan menyebabkan tingkat kompetisi yang sangat tinggi diantara fabrikator-fabrikator HRSG untuk semakin mempercepat instalasi unit HRSG mereka. Untuk menjawab permasalahan ini, perlu diupayakan suatu cara untuk dapat mempercepat proses instalasi unit HRSG serta mengurangi biaya-biaya yang mungkin dapat diturunkan untuk dapat memenangkan tender pembangunan unit HRSG. Metode Rekayasa Nilai (Value Engineering) adalah merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu menghasilkan suatu alternatif mempercepat proses instalasi dan mengurangi biaya salah satu komponen sistem dalam HRSG, yaitu Cold Reheated System. Proses pemilihan Cold Reheated system dan Cold Reheated Support dilakukan dalam lima tahapan kerja, yaitu Tahap Informasi, Tahap Kreatif, Tahap Analisa, Tahap Pengembangan dan Tahap Presentasi. Dari empat jenis desain Cold Reheated dan Cold Reheated Support yang diambil sebagai alternatif usulan ditambah dengan satu alternatif awal sebagai pembanding, didapat sebuah desain Cold Reheated dan Cold Reheated Support yang memiliki performansi tinggi dengan biaya yang rendah yaitu Vertical Manifold with Steam Cooled Support, dengan menggabung beberapa pipa riser sekaligus dan menjadikannya manifold serta menempatkan support pada vertical manifold diluar casing. Dengan performansi yang dihasilkan sebesar 39.09 dengan value sebesar 2,38. Kata kunci : Inovasi dan kerja sama tim
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous