Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Studi Kelayakan Peningkatan Waktu/Periode Layanan Teknis (UPT) Perpustakaan ITS Berdasarkan Pada Benefit/Cost Ratio (Studi Kasus UPT. Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Studi Kelayakan Peningkatan Waktu/Periode Layanan Teknis (UPT) Perpustakaan ITS Berdasarkan Pada Benefit/Cost Ratio (Studi Kasus UPT. Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Aditya Kusuma
Subject(s) Benefit Cost Ratio
Service
Classification 658.155 4
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Rasio antara keuntungan dan biaya yang dikeluarkan (B/C Ratio) oleh organisasi atau instansi tertentu dapat digunakan dalam mengukur kelayakan rencana investasi. Dari rasio ini akan dapat dilihat apakah rencana investasi tersebut tepat dari segi ekonomis dan layak untuk dilanjutkan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil obyek salah satu komponen sumber belajar yang ada di ITS yaitu UPT Perpustakaan ITS. Rencana investasi yang akan diambil oleh pihak UPT Perpustakaan ITS untuk menambah waktu/periode layanan pada hari Sabtu, sejauh ini hanya didasarkan pada permintaan dari beberapa pengguna perpustakaan dan bukan berdasarkan B/C Ratio. Benefit/Cost Ratio (B/C Ratio) digunakan dengan cara melihat perbandingan antara manfaat yang diterima dengan biaya yang dikeluarkan, apabila rasio tersebut ? 1 maka keputusan untuk menambah periode/waktu layanan dinyatakan layak secara ekonomi. Berdasarkan metode ini, diperoleh bahwasanya rasio perbandingan antara keuntungan dan biaya yang dikeluarkan (Benefit/Cost Ratio) sebesar 0,94, karena rasio B/C < 1 maka rencana untuk menambah waktu/periode layanan Perpustakaan tidak layak secara ekonomi. Kata Kunci : Benefit Cost Ratio, Investasi, Layanan, Perpustakaan, Manfaat, Biaya.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Iwan Vanany, ST.,MT;Nugroho Priyo Negoro, ST., SE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous