Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Siklus Peta (Potret, Avaluasi, Terapi, dan Aplikasi) untuk Perbaikan dan Peningkatan Kualitas Rangka Setir Mobil (Studi Kasus di PT. Atak Otomotif Indometal Sidoarjo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Siklus Peta (Potret, Avaluasi, Terapi, dan Aplikasi) untuk Perbaikan dan Peningkatan Kualitas Rangka Setir Mobil (Studi Kasus di PT. Atak Otomotif Indometal Sidoarjo)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ayu Anugrahani R.
Subject(s) Quality Management
Classification 658.52
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT.Atak Otomotif Indometal merupakan perusahaan manufaktur yang menggunakan sistem produksi mass production dimana semua produk yang diproduksi berdasarkan job order dan merupakan perusahaan tingkat menengah yang menggunakan mesin semi otomatis dalam proses produksinya. Permasalahan dihadapi oleh perusahaan adalah banyaknya jumlah kecacatn pada proses drilling 28,25mm. Kondisi ini sangatlah merugikan perusahaan, dengan adanya kejadian tersebut perusahaan harus melakukan rework (kerja ulang) produk cacat tersebut. Dengan adanya proses reproduksi, maka secara otomatis perusahaan mengeluarkan biaya tambahan. Selain itu juga banyak waktu yang terbuang akibat dari aktivitas tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk peningkatan kualitas di perusahaan tersebut dengan menggunakan siklus PETA (Potret, Evaluasi, Terapi, dan Aplikasi). Metode ini terdiri dari lima tahap yaitu Potret, Evaluasi, Terapi, dan Aplikasi. Tahap Potret merupakan langkah operasional pertama dalam program peningkatan kualitas siklus PETA. Tujuan yang ingin dicapai pada tahap ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang peluang dilakukannya improvement project. Tahap Evaluasi bertujuan untuk mendapatkan variabel-variabel yang mempengaruhi quality improvement project. Tahap Terapi untuk menemukan rencana perbaikan yang diperlukan sehingga diperoleh tingkat kualitas yang lebih baik yang sesuai dengan keinginan konsumen. Hasil dari metode ini kemudian digunakan untuk merancang sebuah eksperimen guna menemukan faktor faktor yang dominan. Tahap Aplikasi akan dilakukan perbaikan pada proses produksi langsung dilapangan dengan menerapkan hasil yang diperoleh pada tahapan terapi. Dari pelaksanaan keseluruhan siklus PETA didapatkan desain perbaikan proses drilling dengan menggunakan pattern dan clamp. Dengan menggunakan desaign perbaikan itu, diharapkan dapat mengurangi jumlah cacat pada proses drilling 28,25mm. Kata kunci : Rework, PETA, Drilling 28,25mm, Pattern, Clamp
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh Suef, M.Sc.(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous