Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Daya Serap Air dan Susut Kering Genteng dengan Metode Taguchi Multirespon (Studi Kasus di UD Margourip, di Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kab. Kediri)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Daya Serap Air dan Susut Kering Genteng dengan Metode Taguchi Multirespon (Studi Kasus di UD Margourip, di Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kab. Kediri)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ibenu Markaban
Subject(s) Design of Experiment
Quality Management
Taguchi
Classification 001.434
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info UD Margourip merupakan suatu usaha dagang yang bergerak dalam bidang pembuatan genteng. Persaingan yang ketat dalam produk sejenis membuat UD Margourip harus menjaga kualitas yang dihasilkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor – faktor yang berpengaruh terhadap susut kering dan daya serap air pada genteng. Susut Kering adalah besarnya penyusutan volume genteng akibat adanya proses pengeringan. Sedangkan daya serap air merupakan kemampuan genteng untuk menyerap air. Daya serap air berhubungan dengan perembesan air. Karakteristik dan komposisi dari bahan – bahan yang digunakan dalam pembuatan genteng sangat berperan dalam menentukan kualitas susut kering dan daya serap air pada genteng. Dari identifikasi faktor terkontrol diperoleh informasi bahwa faktor – faktor yang berpengaruh terhadap respon susut kering dan daya serap air adalah jenis genteng, kadar air, ukuran butir dan kadar pasir. Eksperimen dilakukan berdasarkan 2 level faktor yang signifikan. Metode yang digunakan untuk menentukan setting parameter yang tepat dan nilai taksiran optimal dari susut kering dan daya serap air adalah Metode Taguchi Multirespon dengan menerapkan prosedur TOPSIS. Kombinasi level faktor yang optimal untuk respon individual Susut Kering adalah B2, sedangkan untuk Daya Serap Air adalah A2C2D1. Kombinasi level faktor ini kemudian dikompromikan berdasarkan nilai TOPSIS yang terkecil menjadi A2,B2,C2 dan D1dengan komposisi materi : desain genteng press, kadar air 15%, ukuran butir 10 mesh dan kadar pasir sebesar 25%. Kata kunci : Susut kering, Daya Serap Air, Taguchi Multirespon.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh Suef, M.Sc.(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous