Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Kebijaksanaan Perawatan yang Optimal Berdasarkan Reliability Centered Maintenance II (Studi Kasus PT. Philips Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Kebijaksanaan Perawatan yang Optimal Berdasarkan Reliability Centered Maintenance II (Studi Kasus PT. Philips Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Dhony Iwan Kristanto
Subject(s) Maintenance
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Untuk menjamin kelancaran sistem produksi dari suatu industri manufaktur, prasyaraat mutlak yang harus dipenuhi adalah tetap terjaganya keandalan mesin-mesin produksi. Untuk menjamin keandalan suatu sistem produksi diperlukan suatu kebijksanaan perawatan yang optimal PT PHILIPS INDONESIA Unit Lamp Component Factory (LCF) Line Danner 1.3 merupakan produsen pembuat komponen lampu TL. Pada tahun 2004 permintaan akan produk tube mengalami kenaikan sehingga perusahaan memandang perlu untuk meningkatkan kecepatan produksi. Akan tetapi kondisi terhambat dengan tingginya frekuensi kerusakan mesin yang mengakibatkan terganggunya pemenuhan permintaan produksi. Untuk mengatasinya diperlukan suatu strategi perawatan yang tepat. Dipandang dari segi kegagalan yang timbul maka didapatkan 3 mesin kritis yang dijadikan fokus utama dalam penelitian ini yakni Mesin Drawing, Splitting dan Shouldering. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reliability Centered Maintenance (RCM) II dengan pendekatan Teori Keandalan. Dalam RCM II, setiap permasalahan yang timbul dieksplorasi dengan menggunakan Failure Mode And Effect Analysis serta ditunjang oleh RCM II Decision Diagram sebagai ”problem solving methods”. Hasil akhir dari RCM II merupakan rumusan strategi kebijaksanaan perawatan tiap komponen mesin yang didasarkan atas 4 hal yakni schedulled on condition task, scheduled restoration task, scheduled discard task dan No Scheduled Maintenance. Berdasarkan interval perawatan yang optimal maka akan didapatkan perencanaan penurunan biaya total perawatan antara (4.86-40.8%). Kata Kunci : RCM II, Keandalan, FMEA
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh Suef, M.Sc.(Eng);Nani Kurniati, ST.,MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous