Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perencanaan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Air Minum dengan Menggunakan Balanced Scorecard ( Studi kasus Perusahaan Daerah Air Minum Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perencanaan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Air Minum dengan Menggunakan Balanced Scorecard ( Studi kasus Perusahaan Daerah Air Minum Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Trisira Setiyantini
Subject(s) Performance Measurement
Classification 658.151 1
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Air sebagai kebutuhan vital yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan sehari-hari manusia. Oleh karena itu sangatlah penting untuk memperhatikan kualitas dari air tersebut. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surabaya adalah perusahaan yang mengolah air baku menjadi air berkualitas yang dapat digunakan oleh sebagian masyarakat pada umumnya. Pengukuran kinerja pada perusahaan tersebut sangatlan diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas perusahaan. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan sistem Balanced Scorecard dimana metode ini digunakan untuk mengukur sistem dari kinerja perusahaan berdasarkan 4 perpektif yaitu pelanggan, proses internal bisnis, financial, dan pembelajaran dan perkembangan. Dengan mengidentifikasikan Key Performance Indicator (KPI) berdasarkan 4 perpektif dalam Balanced Scorecard tersebut kemudian akan dilakukan pengolahan dengan menggunakan metode Objective Matrix untuk mengukur kinerja perusahaan saat ini. Score dari Objective Matrix adalah nilai performansi kinerja perusahaan saat ini yang berupa skala untuk tiap key performance indicators. Sehingga dari key performance indicators (KPI) yang belum memenuhi target dari perusahaan akan dilakukan perbaikan lebih lanjut Berdasarkan hasil rancangan sistem pengukuran kinerja, didapatkan 27 KPI dimana pada Perspektif Keuangan 10 KPI, sedangkan pada Perspektif Pelanggan terdapat 5 KPI, pada Perspektif Bisnis Internal terdapat 5 KPI, serta pada Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan terdapat 7 KPI. Dari hasil pengukuran kinerja diperoleh indeks pencapaian kinerja PDAM cukup baik yaitu sebesar 5,08 untuk itu diharapkan perusahaan dapat mengevaluasi dan merencanakan tindakan perbaikan terutama untuk KPI yang mendapatkan warna merah dalam perolehan skornya. Kata kunci : Balanced Scorecard, KPI, Perspektif
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous