Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Jumlah Kapal Penangkap Ikan Laut Guna Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Kelautan Yang Berkelanjutan dengan Menggunakan Permodelan Sistem Dinamik ( Studi kasus Kawasan Industri Maritim Di Kapulauan Nusa Penida Bali)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Jumlah Kapal Penangkap Ikan Laut Guna Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Kelautan Yang Berkelanjutan dengan Menggunakan Permodelan Sistem Dinamik ( Studi kasus Kawasan Industri Maritim Di Kapulauan Nusa Penida Bali)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Hasman Harisno
Subject(s) Dynamic Systems Modelling
Classification 658.403 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian ini berkonsentrasi pada bagaimana memodelkan sistem yang mendekati kondisi riil penangkapan ikan laut dan bagaimana menentukan jumlah kapal penangkap ikan laut serta proyeksi pertumbuhan jumlah kapal setiap tahunnya dengan Skema Dana Pinjaman Bergulir di Kawasan Industri Maritim Nusa Penida Bali berdasarkan pendekatan Permodelan Sistem Dinamik. Banyak faktor-faktor yang berpengaruh dalam hal penangkapan ikan sebagai acuan dasar dalam mengestimasi jumlah kapal. Secara umum jumlah potensi perikanan laut dan jumlah produksi perikanan laut merupakan variabel utama dalam mengestimasi jumlah kapal optimum yang dibutuhkan oleh kawasan ini. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan adanya variabel-variabel lain yang juga berpengaruh sehingga perlu melakukan identifikasi variabel dengan melakukan pengamatan langsung di objek penelitian dan studi beberapa literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Variabel-variabel ini bersifat kausatif satu dengan lainnya dan dikonseptualisasikan dalam Diagram Sengkelit Sebab-Akibat (Causal Loop Diagram). Setelah Causal Loop Diagram ini disusun maka dilanjutkan ke dalam Permodelan Sistem Dinamik yaitu dengan memformulasikan model dalam Diagram Alir dan mensimulasikan model tersebut dengan menggunakan Vensim 5.0. Output dari simulasi dinamik ini digunakan sebagai alat analisis untuk menentukan jumlah kapal penangkap ikan laut yang berkelanjutan. Variabel-variabel yang digunakan dalam memodelkan penelitian ini adalah Potensi Perikanan Laut, Produksi Perikanan Laut, Jumlah Kapal yang Beroperasi Saat Ini, Trip Kapal, Catch per Unit Effort (CPUE) Kapal dan Jumlah Tangkapan yang Diperbolehkan. Sedangkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Fluktuasi Stok Perikanan Laut, Fluktuasi Jumlah Produksi Perikanan Laut di Nusa Penida, Jumlah Kapal Optimum, Profit Margin Penangkapan Ikan, dan Penambahan Kapal untuk proyeksi setiap tahunnya. Kata Kunci : Skema Dana Pinjaman Bergulir, Permodelan Sistem Dinamik, Causal Loop Diagram, Software Vensim 5.0.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. I. Ketut Gunarta, MT;Putu Dana K, ST. M.Eng.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous