Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Mengurangi Variabilitas Cacat pada Produksi Kertas dengan Menggunakan metode Six Sigma (Studi Kasus di PT. Adiprima Suraprinta)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Mengurangi Variabilitas Cacat pada Produksi Kertas dengan Menggunakan metode Six Sigma (Studi Kasus di PT. Adiprima Suraprinta)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Mario Firmansyah
Subject(s) Quality Management
Classification 658.52
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kualitas menjadi faktor dasar keputusan konsumen dalam banyak produk dan jasa. Akibatnya kualitas adalah faktor kunci yang membawa keberhasilan bisnis, pertumbuhan dan peningkatan posisi bersaing bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu, peningkatan kualitas sangatlah diperlukan bagi suatu perusahaan yang ingin mampu memenuhi kebutuhan konsumen yaitu dengan cara meminimasi jumlah defect yang terjadi. Penelitian ini membahas mengenai masalah peningkatan kualitas produk kertas dengan kategori A yang dihasilkan oleh PM 1 yang harus dilakukan oleh PT. Adiprima Suraprinta agar mampu bersaing dengan perusahaan lain yang menghasilkan produk sejenis. Rata-rata jumlah cacat kertas yang dihasilkan oleh PM 1 pada bulan Juli sebesar 10,45%, Agustus sebesar 9,61%, September sebesar 9,76%, Oktober sebesar 11,48% dan November sebesar 11,15%. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi prosentase jumlah cacat yang terjadi adalah dengan menggunakan siklus DMAIC dari metode Six Sigma. Hasil dari penelitian ini berupa saran tindakan dari hasil analisa FMEA yang harus dilakukan oleh PT. Adiprima Suraprinta untuk mengurangi penyebab timbulnya cacat, sehingga di masa yang akan datang cacat yang serupa tidak terjadi lagi. Kata Kunci : Six Sigma, Siklus DMAIC, Defect, FMEA (Failure Mode and Effect Analysis)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous