Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Alat Bantu Transportasi Barang untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Bongkar Muat Barang ( Studi kasus di Toko Sido Muncul Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Alat Bantu Transportasi Barang untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Bongkar Muat Barang ( Studi kasus di Toko Sido Muncul Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Nita Efrina
Subject(s) ERGONOMIC
Classification 620.82
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Setiap pekerjaan selalu terdapat resiko. Namun orang sering mengabaikan resiko yang akan diterimanya selama melakukan pekerjaannya. Misalkan para pekerja di toko Sido Muncul Surabaya. Toko Sido Muncul merupakan toko yang menjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, dan lain-lain. Selama melakukan proses bongkar muat beras kemasan 25 kg, masalah yang timbul adalah banyaknya gerakan yang tidak ergonomis sehingga dapat menimbulkan rasa sakit pada tubuh pekerja. Hal ini terjadi karena proses bongkar muat masih dilakukan dengan cara manual. Selain itu toko Sido Muncul memiliki jumlah pekerja yang sedikit sehingga dibutuhkan pekerja honorer dalam menyelesaikan proses bongkar muat tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah proses bongkar muat yang dilakukan pekerja toko Sido Muncul. Yaitu dengan melakukan perancangan alat bantu sehingga pekerja dapat bekerja dengan aman dan nyaman. Dengan adanya alat bantu ini, proses bongkar muat beras 25 kg dapat diselesaikan dengan cepat sehingga efisiensi kerja meningkat, baik dilihat dari waktu penyelesaian maupun dari berkurangnya biaya yang dikeluarkan untuk pekerja honorer. Kata Kunci : manual, ergonomi, pengembangan produk, efisiensi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh Suef, M.Sc.(Eng);dyah Santhi D, ST. M.Eng.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous