Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Life Cycle Assessment (LCA) untuk Perbaikan Kinerja Lingkungan di PT. Matsushita Lighting Indonesia (Studi Kasus Fluorescent Lamp 20 Watt)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Life Cycle Assessment (LCA) untuk Perbaikan Kinerja Lingkungan di PT. Matsushita Lighting Indonesia (Studi Kasus Fluorescent Lamp 20 Watt)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Dewi Hajar
Subject(s) Life Cycle Assessment
Classification 658.566
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Semakin meningkatnya konsumsi sumber daya alam dan terjadinya penurunan daya dukung bumi terhadap limbah dan pencemaran mengakibatkan perhatian masyarakat pada masalah lingkungan meningkat. Perusahaan merespon hal ini dengan mulai menerapkan manajemen lingkungan. Masyarakat dan industri semakin menyadari bahwa pencemaran tidak terjadi pada proses produksi saja, tetapi juga pada pemilihan material dari suatu produk, transportasi maupun pembuangannya atau sepanjang siklus hidupnya. Life Cycle Management (LCM) adalah sebuah konsep berpikir, teknik dan prosedur yang fleksibel dan berkaitan dengan aspek lingkungan, sosial dan ekonomi dari produk dan organisasi dalam rangka mencapai perbaikan lingkungan berkelanjutan dari sudut pandang life cycle. Salah satu alat dalam LCM adalah Life Cycle Assessment (LCA) sebuah metode untuk mengukur dampak lingkungan yang diakibatkan produk atau aktifitas sepanjang life cycle mulai dari pengambilan raw material, diikuti proses produksi dan penggunaan, dan berakhir pada pengelolaan sampah atau limbah. Dengan kata lain cradle to grave. Penelitian ini meneliti produk Fluorescent Lamp 20 Watt yang dibuat dan dipasarkan di Indonesia. Untuk pembuatan Inventory analysis, dipakai data-data perusahaan, penelitian dan literature terdahulu, serta database software SimaPro 5.0. Impact assessment dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi proses/produk pada dampak lingkungan dengan bantuan software SimaPro 5.0. Berdasarkan impact assessment, tahap penggunaan di konsumen memberi kontribusi paling besar sepanjang life cycle produk. Dari penaksiran dampak lingkungan dapat disusun rancangan-rancangan teknis maupun manajerial untuk mencapai peningkatan performansi produk terhadap lingkungan. Alternatif-alternatif perbaikan yang disusun akhirnya dipilih dengan Multi Criteria Decision Making-Analytical Hierarchy Process (MCDM-AHP). Penelitian ini menghasilkan alternatif perbaikan optimal yaitu scenario take-back product. Kata kunci: Fluorescent Lamp, Life Cycle Assessment, Analytical Hierarchy Process, SimaPro 5.0
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr,Ir, Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous