Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Kualitas Produk Gallon 5 Bluish Menggunakan Pendekatan Six Sigma Dengan Taguchi ( Studi Kasus di PT. Berlina, Tbk Pandaan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Kualitas Produk Gallon 5 Bluish Menggunakan Pendekatan Six Sigma Dengan Taguchi ( Studi Kasus di PT. Berlina, Tbk Pandaan)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Rendra Kurniawan
Subject(s) Six Sigma
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kualitas merupakan faktor utama yang menjadi strategi dalam persaingan yang kompetitif serta merupakan faktor kunci yang membawa keberhasilan bisnis, pertumbuhan, dan peningkatan posisi bersaing. PT. Berlina, Tbk adalah salah satu perusahaan terbesar yang bergerak dalam bidang pembuatan kemasan plastik dengan sistem job order. Mutu dari suatu produk merupakan suatu hal yang penting dalam memberikan kepuasan bagi konsumennya dan dalam bersaing dengan perusahaan plastik yang lain. Namun pada kenyataannya, jumlah produk cacat yang dihasilkan lebih dari yang diperkirakan. Permasalahan yang dihadapi oleh PT Berlina Tbk bagaimana meningkatkan mutu produk gallon dengan mengurangi jumlah produk yang cacat kritis (CTQ) sehingga dapat memenuhi keinginan dan kepuasan pelanggan dengan menggunakan siklus DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve dan Control) dari Six Sigma. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasikan karakteristik kualitas produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan, menganalisa baseline kinerja sebelum dan sesudah dilakukan proses perbaikan, menentukan target yang ingin dicapai oleh perusahaan, mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab terjadinya kecacatan produk dan mendapatkan kombinasi level-level faktor yang optimum. Hasil dari penelitian ini diperoleh suatu kombinasi optimum yaitu suhu barrel 2750C, suhu accu head 2800C, suhu die (duse) 2800C, komposisi material 60/40 berdasarkan desain eksperimen Taguchi sehingga dapat mengurangi jumlah cacat produk gallon dan penurunan Quality Loss Function sebesar 65%. Kata Kunci : Six Sigma, siklus DMAIC, CTQ, Metode Taguchi, Quality Loss Fuction.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous