Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Pengadaan Diet Bagi Pasien Rawat Inap Penderita Diabetes Melitus (Studi kasus Instalansi Gizi RSU Haji Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Pengadaan Diet Bagi Pasien Rawat Inap Penderita Diabetes Melitus (Studi kasus Instalansi Gizi RSU Haji Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Laudine Henriette Geraldin
Subject(s) DECISION SUPPORT SYSTEMS
Classification 658.403 3
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai sistem pendukung keputusan untuk pengadaan diet bagi pasien penderita Diabetes Melitus (DM). Diabetes melitus merupakan penyakit menahun yang membutuhkan kontrol yang lebih ketat dalam pengaturan makanan (diet) bagi penderitanya. Penyakit terbesar ke-2 di Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Surabaya ini memiliki prinsip diet tepat jumlah, tepat jenis dan tepat waktu. Sesuai dengan prinsip tersebut diatas, maka terdapat aturan khusus yang mengatur menu makanan bagi para pasien penderita diabetes sesuai dengan tipe diet-nya (diet B, B1, B2 dan B3). Menu makanan ini memiliki berbagai macam kombinasi dan variasi, namun harus tetap sesuai dengan aturan kadar gizi yang telah ditentukan. Oleh karenanya, dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan (SPK) yang mampu memberikan bantuan bagi user dalam melakukan planning gizi bagi pasien. Sedangkan hasil output yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan ini berupa alternatif kombinasi menu makanan sesuai dengan aturan diet-nya dan batasan lainnya. Kata kunci : Diabetes melitus, diet, sistem pendukung keputusan, planning gizi, kombinasi menu makanan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nurhadi Siswanto, ST,MSIE;Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous