Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Resistensi Dosen terhadap Perubahan ITS dari PTN Menjadi PTBHMN/PTBHPMN (studi kasus Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Resistensi Dosen terhadap Perubahan ITS dari PTN Menjadi PTBHMN/PTBHPMN (studi kasus Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Budi Sentana Novandi
Subject(s) Human Resource Management
Resistance to Change
Classification 658.3
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Rencana perubahan yang dilakukan ITS yaitu dari Perguruan Tinggi Negeri menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum Negara akan menimbulkan resistensi (resistance to change) bagi sumber daya manusia yang ada pada institusi pendidikan tersebut. Sumber daya manusia merupakan sumber daya terpenting suatu organisasi, sehingga perubahan tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari orang –orang yang terlibat sekaligus pelaksana dalam organisasi salah satunya adalah dosen. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diketahui seberapa besar resistensi dosen terhadap perubahan dalam hal pengelolaan sumber daya manusia dan pengelolaan program pendidikan yang dilakukan ITS berkaitan dengan rencana perubahan ITS dari PTN menjadi PTBHMN/ PTBHPMN. Hasil pengukuran menunjukkan dosen ITS memiliki kecenderungan setuju terhadap variabel perubahan pengelolaan sumber daya manusia dan pengelolaan program pendidikan dengan skor 48.76 % dan terhadap perubahan ITS menjadi PTBHMN/PTBHPMN dengan prosentase skor 47,97 %. Bila dibandingkan tiap fakultas maka Fakultas Teknologi Kelautan yang memiliki skor paling tinggi. Ada beberapa butir pernyataan yang prosentase skornya tinggi (resisten) yaitu berkaitan dengan subvariabel perubahan status, rekrutmen, pengukuran kinerja dan peningkatan input. Skor tersebut menunjukkan keraguan dosen akan proses perubahan nantinya, sehingga timbul perasaan pesimis. Maka perlu diperhatikan suara atau pendapat.dosen yang dapat digunakan sebagai pertimbangan pihak manajemen ITS terhadap upaya pengelolaan perubahan dengan baik. Kata Kunci : resistensi terhadap perubahan, prosentase skor, pengelolaan sdm dan pengelolaan progam pendidikan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Lantip Trisunarno, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous