Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi dan Perbaikan Proses Perawatan Pesawat Terbang Boeing B.737 dengan Pendekatan Value stream Mapping (studi kasus Merpati Maintenance Facility)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi dan Perbaikan Proses Perawatan Pesawat Terbang Boeing B.737 dengan Pendekatan Value stream Mapping (studi kasus Merpati Maintenance Facility)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Suharnoto Nugroho
Subject(s) Plane Maintenance
Value Stream Mapping
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Siklus penelitian ini nantinya akan diawali dengan aktivitas merancang, mengukur, mengevaluasi, sampai melakukan rencana kerja perbaikan. Pentingnya penelitian ini bagi perusahaan Merpati Maintainance Facility (MMF) adalah untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya waktu proses yang lama dan mencari solusi perbaikannya. Penggunaan metode VALSAT (Value Stream Mapping Tool) dalam penelitian ini sangat berperan penting dalam perusahaan. Dari waste tersebut nantinya dapat diketahui tool yang cocok untuk waste tersebut. Pada akhirnya dicari perbaikan yang tepat berdasarkan tool terpilih dan root cause analysis. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkannya waste yang terjadi dalam perusahaan dan proporsi dari waste tersebut. Selain itu dengan tool VALSAT yang terpilih juga dapat diketahui bagaimana waste tersebut mempengaruhi kinerja dari perusahaan, dimana didapatkan bahwa waste defect dan waiting yang paling berpengaruh. Selanjutnya berdasarkan evaluasi tool VALSAT tersebut, dibuat root cause analysis yang hasilnya adalah penyebab dari terjadinya waste yang memiliki proporsi terbesar. Dari hasil root cause analysis tersebut didapatkan saran perbaikan yang seauai. Kata Kunci : Perawatan pesawat, IDEF0,Value Stream Mapping Tool, Root Cause Analysis
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Iwan Vanany, ST, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous