Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Perbaikan Proses Bisnis di PT. Mandala Mandiri Motor dengan Menggunakan Pendekatan Streamlining Tool
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Perbaikan Proses Bisnis di PT. Mandala Mandiri Motor dengan Menggunakan Pendekatan Streamlining Tool
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Diana Octavia Simon
Subject(s) Business Process Improvement
Classification 658.57
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Setiap perusahaan tentunya selalu ingin mewujudkan sebuah sistem proses yang mampu berjalan dengan efektif dan efisien. Demikian pula halnya, dengan PT. Mandala Mandiri Motor, yaitu sebuah dealer resmi Honda yang berada di kota Surabaya. Dalam penelitian Tugas Akhir ini, akan dilakukan evaluasi terhadap proses bisnis yang selama ini dijalankan oleh PT. Mandala Mandiri Motor. Dimulai dengan penggambaran proses bisnis dengan menggunakan tool IDEF0, untuk kemudian menganalisa performansi setiap proses bisnis tersebut. Setelah dianalisa, maka diupayakan untuk merencanakan sebuah usulan perbaikan dengan menggunakan kerangka berpikir streamlining tool. Usulan perbaikan ini tentu saja bertujuan untuk memperbaiki proses-proses bisnis yang ada, baik dari segi performansi waktu, maupun biaya. Berdasarkan survey tingkat kepuasan customer, diketahui terdapat beberapa sub atribut yang perlu untuk diperbaiki. Khususnya untuk sub atribut waktu pelayanan kepada customer dan penjelasan sales terhadap fitur mobil dan dokumen yang dibutuhkan dalam sebuah transaksi penjualan mobil. Dan sebagai usaha untuk memperbaikinya, maka penulis mengusulkan sebuah program perbaikan, yang meliputi pembuatan sistem database gudang dan customer, training untuk sales, dan perbaikan formulir. Dari model simulasi yang dibuat, diketahui bahwa perbaikan yang diusulkan mampu mereduksi rata-rata waktu layanan hingga 13,55 %. Sedangkan dari hasil analisa finansial, diketahui bahwa usulan perbaikan ini layak untuk dijalankan dalam rentang waktu 5 tahun ke depan, dengan nilai perbandingan benefit/cost adalah 1,12 ( i = 7 % ), 1,11 ( i = 8 % ), 1,09 ( i = 10 % ), dan 1,07 ( i = 12 % ). Kata kunci : Perbaikan Proses Bisnis, IDEF0, Streamlining Tool, Pendekatan Simulasi, Analisa Manfaat-Biaya
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr,Ir, Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.;Ir. I. Ketut Gunarta, MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous